Sukses

Luka Bernanah dan Penderita Diabetes
25 Aug 2018, 06:23 WIB
Pria, 30 tahun.

Hallo Dokter, perkenalkan saya devi. dok, saya mau bertanya, mama saya terkena diabet dan ada luka di samping payudara nya posisi nya tengah dekat ketiak dan payudara, luka awal sperti kutil dok, tp gak tau di apain sama mama saya, tiba2 jadi luka dan skrg sampe bernanah dok. itu luka muncul bisa juga di sebabkan oleh gula darahnya yang terlalu tinggi gak dok? pengaruh gak dok? mohon sarannya dok. terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Luka Bernanah dan Penderita Diabetes melalui fitur Tanya Dokter

Bila luka hingga mengeluarkan nanah kemungkinan terjadi infeksi. Untuk luka menjadi hitam terutama pada kondisi diabetes (gula darah tinggi) dapat menyebabkan timbulnya luka diabet/ kaki diabet. 

Pada pasien dengan diabetes memang dapat terjadi gangguan saraf yang membuat si penderita tidak merasa bila terinjak atau tertusuk sesuatu. Dan pada penderita diabetes dapat juga terjadi gangguan yang membuat luka sulit sembuh.

Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus (DM) adalah kaki diabetik. Pada pasien DM terdapat gangguan pada:

  • pembuluh darah kecil (mikroangiopati)
  • pembuluh darah besar (makroangiopati)
  • gangguan syaraf (neuropati)

Gejala adanya gangguan pada syaraf berupa rasa baal/kebas, kesemutan, rasa nyeri berkurang/tidak ada rasa nyeri sama sekali. Selain itu, gangguan pada pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama menyebabkan kaki atau anggota tubuh lain tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga meningkatkan risiko terjadinya kaki diabetik pada pasien DM.

Saya sarankan ibu Anda melakukan kontrol gula ke dokter penyakit dalam dan bila perlu akan dilakukan pembersihan dan perawatan luka secara intensif.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Luka Bernanah dan Penderita Diabetes. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar