Sukses

Testpack Positif, USG Negatif

24 Aug 2018, 21:44 WIB
Pria, 29 tahun.

dok sy mau tanya, bulan juni sy testpack positif hamil, terakhir sy menstruasi bulan mei akhir itu kurang lbh tgl 26 mei selama 5 hr sy menstruasi.dan sebulan setelah sy tespack positif hamil sy usg, untuk meyakinkan sy klw memang ada janin di rahim sy, krna sblmnya menstruasi sy gk lancar.dan dr hasil usg tidak ada kantong janin, hanya ada penebalan dinding rahim. bahkan dokter yg usg sy menyarankan sy untuk testpack ulang hr itu jg, dan hasilnya pun sama positif dan sy memberi tahukan kepada dokter usg tersebut.dan dokter usg menyarankan sy untuk usg ulang sebulan kemudian.dan kemarin tgl 16 agust perut sy nyeri dan pas sy cek klwr darah kecoklatan, dan itu sudah 4 hr smpe hari ini msh klwr darah. dan klw sy hamil ini sudah msk 12 minggu.yg sy mau tnyakan apakah itu darah menstruasi dok?dan gejala sy ini apa ya dok krna sy tespack positif tetapi tidak ada kantong janin?mohon penjelasannya ya dok?terima kasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salah satu penyebab terlambat haid adalah kehamilan. Namun, tentunya hal ini perlu dipastikan dengan tanpa pasti kehamilan melalui pemeriksaan kehamilan (test pack, darah atau USG)

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif.

Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Sedangkan beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

  • Hamil kimia. Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.
  • Waktu pemeriksaan. Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan akan membuat tes menjadi positif,misalnya: terlalu lama .
  • Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:
    • Pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet  
    • Obat diuretik dan obat anti Parkinson  
    • Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin  
    • Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes
  • Selain itu Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopik) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. 

Selain itu, tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi terlihat gambaran janin pada USG atau scanning
  • Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pada usia hamil di atas 6 minggu.

Pada usia hamil 4-5 minggu kadang-kadang juga sudah tampak bulatan hitam menyerupai kantung kehamilan tetapi masih sangat kecil, terutama jika siklus haid yang lebih dari 28 minggu. Mungkin kantung kehamilan yang masih kecil ini belum tampak dalam pemeriksaan USG. Sebaiknya ulang sekitar 2-4 minggu setelah USG pertama untuk memantau perkembangan kehamilannya.

Untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan kontrol kembali sehingga dapat dipastikan telah terjadi kehamilan atau bukan, dan apakah di dalam rahim atau di luar rahim. Sementara juga Anda perlu tetap mempersiapkan tubuh Anda dengan konsumsi makanan dan suplemen yang tepat untuk menunjang kehamilan.

Untuk informasi lengkap Anda mengenai tanda dan pemeriksaan kehamilan. Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar