Sukses

Nyeri Punggung, Pinggang dan Paha

24 Aug 2018, 13:16 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, apakah asam lambung bisa mengakibatkan sakit punggung,pinggang, dan paha? Terasa ngilu dan pegal2

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa. Sakit maag tidak menyebabkan nyeri otot pinggang, punggung dan paha.

Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat merangsang asam lambung. 

Keluhan nyeri pada punggung, pinggang dan paha Anda dapat disebabkan oleh gangguan otot, pembuluh darah, atau persarafan. Nyeri paha juga dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti akibat cedera saat beraktivitas, masalah otot (jarang berolahraga, duduk atau berdiri terlalu lama sehingga menyebabkan spasme otot), atau masalah medis lainnya. Namun, guna menentukan diagnosis yang tepat, sangat baik bila dapat dilakukan wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dari keluhan yang Anda alami. Maka dari itu, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter guna menentukan penyebab dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar