Sukses

Pusing Setelah Keguguran
24 Aug 2018, 13:10 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya mau tanya, saya dinyatakan hamil pada tgl 6 agustus 2018 usia kndungan saya 6-7 minggu, seminggu setelahnya saya mengalami flek, sudh konsul k dktr n bidan dan hanya diksh obt pnguat dan vit. Aja dok. Setelah 4 hari mnum obt yg diksh, saya bukan ngeflek lagi tapi pendarahan, saya lngsung cek k dokter dan USG hasilnya ternyata janin saya ga berkembang, terus disuruh kuret . Besoknya saya kedokter yg satu lagi, sebelum k dokter saya pngen ppis tuh paginya dan pas ppis keluar gumpalan seperti ati ukurannya setengah tlpak tngn saya. Saya tidak mersakan sakit, keram, cuma pusing saja. Siangnya kedokter dihari itu juga pas diperksa dan Di USG lagi dokter bilng rahim saya bersih tidak ada apa apa dan ga perlu kuret. Sedangkan saya ngerasain pusing yang makin hebat dok, nymp jln aj merem spya psingnya bsa ilang. Itu gmn ya dok? Saya msh ngeluarin darah tp hanya sedikit, lebih sedikit dari saat ngeflek dan itu cair bukan gumpalan. Saya jadi harus gmn ya dok?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berapa jumlah darah yang keluar setiap harinya? Sudahkah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan? Apakah penyebab dari keguguran?

Pada umumnya setelah satu minggu dari keguguran dan kuret, darah sudah tidak keluar lagi dan menstruasi berjalan normal. Apabila Anda minum obat untuk mengeluarkan janin dan janin keluar, variasi perdarahan dapat berlangsung beberapa hari bahkan sampai 2-3 minggu. Selama darah yang keluar semakin berkurang maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika darah yang keluar tidak berkurang atau makin banyak, maka sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan evaluasi lebih lanjut karena dikhawatirkan masih ada sisa janin didalam rahim sehingga memicu perdarahan yang lama.

Untuk memastikan bahwa kandungan sudah bersih dari sisa jaringan, maka diperlukan pemeriksaan USG baik USG Abdominal ataupun USG Transvaginal untuk melihat keadaan rahim dan ada atau tidaknya sisa jaringan. Untuk itu kami sarankan Anda mengkonsultasikan hal tersebut secara langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Keluhan pusing yang anda rasakan kemungkinan diakibatkan oleh banyaknya perdarahan yang terjadi dan menimbulkan anemia. Jika perdarahan yang terjadi terus menerus dalam jumlah banyak tidak segera diatasi, dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan keselamatan penderita. Jika kadar hemoglobin sudah sangat rendah akibat perdarahan, maka diperlukan pertimbangan untuk pemberian transfusi darah. Kami sarankan agar anda berkonsultasi kembali dengan dokter anda agar dilakukan pemeriksaan fisik dan lab anda agar dapat dievaluasi lebih lanjut penyebab keluhan pusing anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar