Sukses

Gatal- gatal di Kulit

24 Aug 2018, 10:44 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat siang dok. . Begini dok, kulit saya itu sepertinya sangat sensitif sekali dok. Tempat saya tinggal itu daerah yang panas dok. Setiap saya berkeringat sedikit kulit saya langsung gatal-gatal dok. Apalagi saya termasuk orang yang malas mandi dok. Sampai akhirnya saya terkena kadas/kurap dok. Hampir setiap lipatan kulit saya gatal-gatal dok, yang akhirnya berubah menjadi kadas dok. Seperti di leher, selangkangan, lipatan tangan, lipatan kaki, daerah bra, dipinggang bahkan kadang sampai diperut juga dok. Saya pernah memakai salep yang saya beli diapotek atau diwarung-warung, dan kadas tersebut bisa sembuh, tapi saat saya berkeringat lagi terkadang langsung kambuh lagi dok. Bahkan terkadang pengobatan memakai salepnya sampai berhari-hari lamanya dok. Padahal saya juga sudah rajin mandi dok. Tapi kan saya tidak bisa menghindari dari berkeringat saat beraktivitas diluar sana dok. Terus bagaimana saran dokter agar saya bisa bebas beraktivitas lagi ? Oh iyaa dok, saya termasuk orang yang sama sekali tidak suka sayur, jadi saya makannya seperti telur, daging, ikan, dll. Padahal kan katanya kalau makan telur atau ikan bisa menyebabkan gatal-gatal dikulit menjadi lebih parah dok, apakah betul dok?

Terima kasih telah bertanya tentang Gatal- gatal di Kulit melalui fitur Tanya Dokter

Gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal dan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda rasakan tentunya memerlukan pemeriksaan fisik langsung.

Diduga penyebab gatal pada kulit dapat bermacam-macam, diantaranya:

  1. Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.
  2. Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.
  3. Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, kontak logam, detergen, bahan kimia, dll.
  4. Stres. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.
  5. Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.
  6. Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.
  7. Infeksi. Infeksi jamur atau parasit dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Untuk mengatasi gatal-gatal yang terpenting adalah mengetahui penyebabnya. Baru kemudian dapat ditentukan penanganan yang paling tepat. Untuk itu perlu diketahui pemicu munculnya keluhan, bentuk lesi kulit dan juga sejak berapa lama serta perkembangan lesi kulit. Jika diduga karena alergi maka penanganan yang paling sesuai adalah dengan penghindaran total bahan yang menyebabkan keluhan/kelainan kulit. Pada kondisi Anda dimana gatal terasa saat berkeringat, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi jamur. Namun ini hanya dugaan sementara. Diagnosis pasti hanya dapat diperoleh setelah dilakukan pemeriksaan langsung.

Anda tetap dapat beraktivitas hanya saja harus benar- benar memperhatikan kebersihan kulit. Segera mandi dan ganti baju apabila aktivitas menyebabkan produksi keringat berlebih.

Selain deskripsi yang lengkap, untuk mengetahui diagnosis penyakit kulit diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik langsung dan penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Gatal- gatal di Kulit. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Rud******po

    setiap udara dingin saudara saya selalu biduren cara tepat untuk mengobati nya hrs gimana dok sulosinya