Sukses

Konsumsi Susu Anak Usia 1 Tahun

24 Aug 2018, 00:18 WIB
Pria, 1 tahun.

Halo dokter. Anak sya usia 12 bulan sekarang. Sejak 2 bulan sudah diberi sufor karena asi sya sedikit. Menginjak bln ke 5, dia jadi sulit menghabiskan susunya (pakai dot). Sya coba pakai sendok, atau sedotan tetap saja jarang habis. Setelah mpasi, susu yg diminum sedikit sekali, paling banyak 200ml setiap hari.mohon saran dri dokter. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kesulitan pemberian makan pada anak memang dapat menjadi suatu permasalahan tersendiri yang membingungkan setiap orang tua.

Memang, perkembangan anak pada usia > 1 tahun tidak secepat ketika usianya < 1 tahun (0,2 kg/bulan). Dan meski kami belum mengetahui jenis kelamin anak Anda, akan tetapi dapat terlihat bahwa berat badan anak Anda saat ini telah melampaui kriteria berat badan ideal baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan usia 1 tahun. 

Umumnya, jika Anda telah memulai pemberian MPASI (makanan pendamping ASI: susu formula, nasi tim, buah-buahan) dalam jadwal makanan bayi Anda, kebutuhannya akan susu formula menjadi menurun hingga sekitar 720 ml dalam sehari yang pemberiannya dapat dibagi menjadi 4-5 kali. Namun setiap bayi itu unik, dan setiap bayi memiliki perbedaan dari setiap kali pemberian makan bahkan dari hari ke hari. Jangan pernah memaksakannya memberikan berlebihan, namun juga jangan biarkan ia hingga mengecap-ngecap bibirnya. Bayi yang sering meludah akan lebih baik jika diberikan dalam porsi yang lebih sedikit namun lebih sering. Apakah Anda juga mengalami kesulitan pada pemberian MPASI, serupa dengan kesulitan dalam pemberian susu formula? Karena meski asupan susunya berkurang, selama dalam makanan lain yang diasupnya terkandung nutrisi lengkap dan pertumbuhannya sesuai dengan umurnya, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Beberapa hal yang dapat disarankan agar si kecil mau makan atau minum susu formula:

Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Ada anak yang baru mau makan jika televisi menyala dan menampilkan acara kartun favoritnya. Cara ini dapat diicoba.Tambahkan susu secukupnya Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannyaHindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagiBila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujianJangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Yohanna Nita

    Terima kasih dokter atas penjelasannya. Anak sya laki2. Berat terakhir 7,9 kg. Utk mpasi,sya tidak mengalami kesulitan, karna dia lahap sekali makan.terima kasih sekali lagi