Sukses

Agar ASI Berlimpah

24 Aug 2018, 00:01 WIB
Wanita, 26 tahun.

Apakah pemberian Susu Formula pada bayi 0-6 bulan mempunyai nampak negatif bgi bayi...kemudian bgaimana agar asi melimpah..terima kasih y dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Ibu yang terhormat,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berat badan anak Anda saat ini termasuk normal. 

Mengenai keluhan ASI yang berkurang, sebenarnya yang paling penting adalah apakah bayi Anda mendapat ASI yang cukup sekarang?

Berikut tanda bayi bayi Anda cukup mendapatkan ASI:

Payudara Anda menjadi lebih lunak dibandingkan sebelumnya, karena telah terjadi pengosongan ASI saat menyusui.

Bayi Anda akan menyusu setiap 2-3 jam dan sedikitnya 8 kali dalam sehari

Setelah menyusui, bayi Anda terlihat tidur nyaman dan tidak rewel

Popok bayi basah 6-8 kali dalam sehari jika menggunakan popok kain, sedangkan pada penggunaan popok sekali pakai biasanya akan basah 5-6 kali.

Bayi akan BAB sedikitnya 3 kali sehari, saat bayi masih berusia dibawah 5 hari feses bayi akan berwarna hitam karena mengandung mekonium dan substansi selama didalam kandungan, namun seiring bertambahnya frekuensi menyusui bayi setelah hari kelima feses bayi akan terlihat berwarna kuning dan seiring dengan bertambahnya frekuensi menyusui, frekuensi BAB juga akan berkurang karena ASI terserap sempurna didalam tubuhBerat badan bayi semakin meningkat.

Pada usia 1-3 bulan, kenaikan berat badan normal sekitar 200 gram per minggu. Lalu pada usia 4-6 bulan, berat badan bayi akan naik 500-600 gram per bulan. Memasuki usia 7-9 bulan, kenaikan berat badan bayi ideal 350-450 gram per bulan pada usia 10-12 bulan.

Bayi Anda terlihat sehat dan aktif

Bila hal di atas ditemukan pada bayi Anda, Anda tidak perlu khawatir mengalami ASI kurang.

Untuk menstimulasi keluarnya ASI agar berlimpah, hal berikut juga dapat Anda lakukan:

Menyusui bayi secara lebih sering dan on-demand (sesuai keinginan bayi)Menghindari perasaan khawatir, stres, nyeri, dan keraguanTerus berdekatan dengan bayi pagi dan malam hariMenyusu pada salah satu payudara hingga habis atau terasa kosong, kemudian berpindahMengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbanPastikan cara menyusui Anda benarDemikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar