Sukses

Wajah Iritasi Akibat Pemakaian Produk Wajah

23 Aug 2018, 23:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat pagi Dok. Saya ingin bertanya mengenai kulit wajah saya. Saat ini kulit wajah saya sedang mengalami masalah. Awalnya saya menggunakan scrub dari merk garnier, saya menggunakan scrub tsb karna saya juga menggunakan facial wash dgn merk yg sama, namun setelah saya menggunakan scrubnya kulit saya menjadi perih dan juga timbul jerawat tapi tidak terlihat ada bekas luka. Setelah menggunakan scrub saya mencoba jeruk nipis untuk dijadikan masker karna membaca beberapa manfaatnya, tapi setelah itu kulit saya malah makin terasa perih, kering, dan mengelupas. sekarang pun timbul merah merah di wajah saya seperti bintik-bintik. Pertanyaannya, kira-kira dari cerita saya penyebab kulit wajah saya menjadi seperti ini apa ya dok? Dan bagaimana agar kulit saya kembali normal tidak ada bintik-bintik. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami sepertinya iritasi dari kandungan produk wajah yang digunakan. Untuk saat ini, berikut yang perlu diperhatikan:

  • Bila terasa nyeri dan perih, ada beberapa pengobatan yang dapat bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan dari gejala yang dapat ditimbulkan, seperti obat golongan antiradang bukan steroid (ibuprofen, asetaminofen, asam mefenamat), dan pelembap yang mengandung aloe-vera atau chamomile.
  • Kompres/mandi air dingin untuk mengurangi rasa perih, panas, dan kemerahan yang timbul.
  • Hindari penggunaan produk-produk oles yang mengandung parfum, scrub, atau garam yang dapat semakin mengiritasi kulit Anda.
  • Saat mengeringkan wajah, gunakan handuk yang lembut dan tepuk-tepuk perlahan (bukan digosok).

Cobalah untuk menghentikan pemakaiannya, dan amati kulit wajah Anda apakah membaik? Jika ya, berarti benar karena iritasi produk tersebut.

Saat ini kulit Anda masih sensitif,  jadi lakukan hal berikut:

  • Gunakan pembersih yang sangat lembut dan menggunakan air hangat suam-suam kuku.
  • Jangan menggosok kulit saat mengeringkan, tapi cukup dengan ditepuk-tepuk.
  • Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, sabun, asam, atau pengharum karena dapat mengiritasi kulit.
  • Penggunaan scrub juga dapat menyebabkan iritasi, sehingga harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan tidak terlalu sering.
  • Pilihlah produk yang mengandung lidah buaya, chamomile, polifenol teh hijau yang bersifat menyejukkan.
  • Semakin sederhana produk perawatan Anda, kulit sensitif akan lebih sehat.

Bila kondisi tak kunjung membaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar