Sukses

Tidak Haid Setelah Melahirkan dan Hamil

23 Aug 2018, 23:44 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat mlm dok.. Saya kan hbs melahirkan 1 tahun yg lalu. N menyusui secara Asi.. blm pernah haid sama skli. Tb2 saya merasakan kehamilan TM 1. . Wkt saya tespek hasil posif. Saya bingung kpn masa subur saya apa bukan penyakit

Terima kasih telah bertanya seputar Tidak Haid Setelah Melahirkan dan Hamil menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. ASI merupakan kontrasepsi alami, artinya pada saat memberikan ASI seorang wanita tidak mengalami haid karena adanya perubahan hormonal dari organ kewanitaan Anda. Pada saat seorang wanita memberikan ASI, kadar prolaktin akan meningkat, hormon ini yang menyebabkan seorang wanita tidak mengalami siklus menstruasi, dan situasi ini akan pulih kembali setelah proses menyusui selesai. Walaupun demikian, pada beberapa wanita, haid tetap terjadi di tengah proses ASI eksklusif. Saat siklus haid sudah mulai terjadi, di saat itu pula proteksi KB dari ASI ini selesai. Jika anda belum pernah haid sejak melahirkan, hal ini bisa disebbakan karena menyusui sebagai KB alamiah, dikenal dengan nama metode amenore laktasi.

Angka keberhasilan metoda ini dapat mencapai 98-99,5%. Kehamilan terjadi pada 2 per 100 wanita 6 bulan setelah melahirkan, dan 6 per 100 wanita 6-12 bulan setelah melahirkan.

Oleh sebab itu, sangat mungkin terjadi kehamilan jika Anda tidak menggunakan kontrasepsi setelah anak Anda berusia 6 bulan.

Kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan kehamilan.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar