Sukses

Hamil Pasca Sesar

23 Aug 2018, 21:17 WIB
Wanita, 26 tahun.

mau tanya dok.aku uda hamil 2 kali dan lahir secara ceasar. .dan sekarang hamil lagi..padahal kedua anakku baru berumur 5 dan 4 tahun.. aku ingin tanya bahaya gak dok akan kehamilanku ini bagi kesehatan dan keselamatanku ???karna sekarang aku sangat takut

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih telah bertanya seputar hamil pasca operasi caesar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kerinduan Anda untuk memiliki anak.

Hamil pasca operasi caesar berulang (2 kali) memang memiliki risiko. Risikonya bukan pada kehamilan melainkan pada proses kelahirannya. Bila Anda hamil kembali, kelahirannya sudah bisa dipastikan harus caesar kembali. Risiko robekan rahim terlalu besar bila Anda berencana melahirkan normal. Di samping itu, risiko perlengketan rahim dan penyulit operasi juga meningkat.

Menurut penelitian, jarak yang aman untuk hamil kembali pasca operasi caesar ialah 18-25 bulan minimal. Jarak yang paling aman ialah sekitar 3-4 tahun dari operasi terakhir. Namun demikian, kehamilan pada bekas operasi caesar tergolong aman jika Anda rutin kontrol selama kehamilan. 

Bila Anda merencanakan kehamilan kembali, konsultasikan sejak dini dengan dokter kandungan Anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar hamil pasca operasi caesar. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar