Sukses

Perdarahan Rongga Mulut

23 Aug 2018, 21:12 WIB
Pria, 48 tahun.

Malam dok..anak sy umur 23th laki2,dbwh lidan sblh kiri keluar drh trs sdh seharian ini kbtln ada gigi yg menonjol keluar gusi mengenai lidah dan terjadi pendarahan,bagaimana cara menghentikan drh nya

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyebab keluarnya darah dari dalam mulut cukup banyak, bisa dari rongga mulut, tenggorokan, organ pencernaan atau organ pernafasan. Selain itu, apda individu dengan gangguan darah juga dapat menyebabkan keluhan mudah berdarah. Untuk mengetahui penyebab pastinya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Perdarahan dari rongga mulut cenderung diakibatkan oleh trauma, gusi berdarah saat sikat gigi. Gusi berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi. Tanda lainnya adalah gusi bengkak dan berwarna lebih merah dari jaringan lunak sekitarnya. Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.

Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi

Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.

Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C

Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk mendapatkan pemeriksaan langsung. Semoga informasi ini membantu. 

0 Komentar

Belum ada komentar