Sukses

Berhubungan saat Hamil

23 Aug 2018, 13:27 WIB
Pria, 26 tahun.

Assalamualaikum. Dok, saya menikah baru 2 bln. Bulan pertama, istri saya telat haid 10hr, tapi pas di tespeck masih negatif. Keesokan harinya istri saya keluar gumpalan darah saat kencing, dan ternyata dia haid. Pertanyaannya, apakah gumpalan darah itu krn keguguran? Amankah berhubungan intim saat terjadi pembuahan? Mohon penjelasan nya dok. Krn takut terjadi pada bulan pertama.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sayangnya, tidak ada cara memastikan istri anda haid atau keguguran karena sama-sama akan perdarahan dari vagina. Namun, jika perdarahannya sesuai lama haid, ditambah fakta hasil testpack yang negatif, kemungkinan besar memang haid.

Jika kondisi kehamilan Anda sehat, sebenarnya tidak masalah untuk melakukan hubungan seksual (dengan ejakulasi di dalam) saat hamil pada usia kehamilan berapapun. Asalkan tidak ada keluhan yang mengikuti hubungan seksual Anda dan pasangan seperti flek perdarahan, cairan ketuban merembes, rahim kontraksi terus menerus, dan riwayat keguguran berulang maka hubungan seksual dalam kehamilan diperbolehkan.

Selain itu aktivitas yang dilakukan saat berhubungan badan juga berisiko menimbulkan terjadinya perdarahan pasca senggama. Namun, jika kondisi kehamilan Anda sehat, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Janin sebenarnya tidak akan terpengaruh karena dilindungi oleh plasenta, dan kontraksi rahim yang timbul saat orgasme tidak cukup kuat untuk mencetuskan persalinan. Posisi yang aman adalah posisi yang tidak menaruh/menimbulkan tekanan pada perut atau rahim istri. Anda dapat mencoba posisi menyamping, di sisi tempat tidur, dll.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar