Sukses

Pertanyaan - #259134
23 Aug 2018, 10:11 WIB
Wanita, 18 tahun.

Ayah saya berusia 51tahun beliau menderita sakit tumor sumsum tulang belakang itu diagnosa dokter ayah saya sudah menjalankan ronsen MRI dan dokter spesialis saraf mengharuskan untuk oprasi tetapi ayah saya tidak berani oprasi. Ayah saya setiap haris merasakan rasa nyeri di sekujur tubuhnya dan gringgengen atau kesemutan di seluruh tubuhnya, beliau tidak bisa berjalan tetapu kakinya kadang bergerak sendiri. Setiap rasa sakit itu muncul ayahnya selalu keringat dingin dan merasakan dingin sampai ke tulang. Apakah penyakit tersebut hanya bisa sembuh melalu oprasi? Dokter bagaimana menurut anda untuk pengobatan ayah saya?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter,

Sebelumnya kami turut prihatin atas apa yang dialami ayah Anda. Tumor sumsum tulang belakang bisa bersifat primer, atau adanya tumor memang merupakan pertumbuhan abnormal penyusun tulang belakang, juga dapat bersifat sekunder atau adanya tumor merupakan penyebaran atau metastasis dari tumor di organ lain selain di tulang belakang. 

Keluhan yang terjadi beragam tergantung pada bagian saraf mana yang terkena. Sumsum tulang belakang merupakan pusat saraf perifer di tubuh, yang tersusun atas regio-regio. Setiap regio akan memiliki fungsi spesifik tersendiri dan mempersarafi bagian spesifik tersendiri. Apakah hanya bisa disembuhkan dengan operasi? Bergantung pada diagnosis ayah Anda. Pada setiap tumor, akan terdapat diagnosis patologis anatomi (PA) dan sesuai dengan TMN, yaitu tumor, seberapa besar ukurannya, kemudian metastasis, apakah tumor ini primer atau sekunder, apakah tumor ini sudah menyebar ke organ lain, dan nodus, yaitu kelenjar getah bening yang sudah terlibat aktivitas tumor. Sayangnya kami tidak mengetahui diagnosis patologis anatomi (PA) dan TMN ayah Anda, sehingga kami belum dapat memberikan keterangan lebih terperinci. Diagnosis inilah yang akan turut menentukan tindakan apa yang sebaiknya diberikan kepada pasien. 

Saran kami, sebaiknya Anda mengikuti anjuran dari dokter spesialis saraf Anda. Dokter akan memiliki preferensi tersendiri tindakan yang akan dilakukan demi kesembuhan pasien. Semoga ayah Anda segera diberi kesembuhan dan segera pulih.

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar