Sukses

Perut kembung

22 Aug 2018, 23:08 WIB
Pria, 34 tahun.

Mlm dok Mau tanya dok...belakangan ini saya sering merasakan perut saya kembung terutama sebelah kiri dan kdg membuat saya sulit bernafas (seperti tercekik di leher) Kalau saya tarik nafas secara dalam,perut seperti ikut tertarik juga sampai ke dada sebelah kiri Sebelumnya nyerinya sampai ke punggung dan dada,tapi nyeri di punggung dan dada sudah tidak ada lagi. Terkadang juga saya sering merasakan panik kalau sudah mulai kumat dan membuat seluruh badan berkeringat dan lemas Mohon penjelasannya dok sakit apa? Terima kasih sebelumnya dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Mohon maaf, sulit bagi kami menentukan penyakit yang Anda derita tanpa dilakukan wawancara secara mendetail dan pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan penunjang. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter terdekat agar dapat diketahui penyebab dan ditangani secara optimal.

Rasa penuh/sebah/begah pada perut atau perut kembung terjadi karena terlalu banyak gas menumpuk di dalam saluran pencernaan.

Penyebabnya antara lain:

•   Menelan udara. Jika udara yang ditelan tidak disendawakan, udara ini akan melalui saluran pencernaan, dan dikeluarkan melalui anus sebagai flatus (kentut). Menelan udara berlebihan dapat menyebabkan cegukan.

•   Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas, seperti biji-bijian, brokoli, minuman bersoda, dan bir. 

•   Konstipasi dapat menyebabkan kembung namun tidak meningkatkan jumlah gas dalam saluran cerna.

•   Efek samping obat atau suplemen seperti obat antinyeri golongan narkotik, vitamin, suplemen besi dan obat-obatan untuk mengatasi konstipasi.

•   Perubahan kadar hormon. Sebagian wanita akan mengalami kembung sebelum haid.

•   Hamil.

•   Otot perut melemah karena kehamilan atau operasi perut.

•   Kegemukan.

Selain hal-hal di atas, banyak gas dan kembung dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti radang lambung (gastritis), obstruksi usus (sumbatan usus), gangguan hati, penyakit kandung empedu, atau kanker.

Pengobatan tergantung dari penyebabnya. Segera hubungi dokter Anda jika keluhan tidak membaik dengan obat-obatan biasa. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar