Sukses

Obat Asam Lambung

22 Aug 2018, 17:33 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya terkena gastritis lalu diberi obat magasida, ranitidine, domperidone, thiampenicol. Permasalahannya adalah saya lupa aturan pakai dari obat tersebut. Sebenarnya bagaimana cara aturan minumnya dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang dispepsia.

Penyakit lambung, yang disebut dengan dispepsia, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati, sensasi sesak nafas, mudah mual muntah.

Untuk ranitidin dapat diminum sebelum makan sebanyak dua kali sehari, domperidon sebanyak tiga kali sehari dan tiamfenikol biasa diminum sebanyak 3 kali sehari namun dosis tergantung berat badan Anda. Kami menyarankan Anda kembali ke apotik tempat Anda membeli obat tersebut untuk mendapatkan penjelasan lengkap terkait cara makan obat. Kesalahan dosis dapat menyebabkan penyakit sulit untuk sembuh.

Bahasa awam untuk penyakit ini adalah penyakit maag. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung seperti obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang dispepsia. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar