Sukses

Maag Tidak Kunjung Sembuh

22 Aug 2018, 13:23 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, perkenalkan nama saya Jonathan. 3 hari lalu saya mengalami sakit perut bagian atas setelah makan lalu berbaring. Setiap malam, perut saya bertambah perih, dan saat pergi2, perut saya seakan tidak ada rasa sakit, tapi setelah saya pulang ke rumah istirahat, sakit itupun muncul lagi. Sering sendawa,kentut,susah bab,dan perih sekali di bagian perut atas. Mau tau aja sih dok, rata2 berapa lama penyakit ini bs sembuh kalau saya istirahat teratur,pola makan dijaga? Saya sudah minum obat maag dll, tapi sakitnya sama aja dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan mual dan muntah dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab tersering adalah karena penyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati seperti yang Anda rasakan. Penyakit maag adalah gangguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering terlambat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung dalam waktu yang cukup lama.

Bila Anda memang sudah mengonsumsi obat secara teratur namun masih merasakan adanya keluhan, mungkin harus ditilik dari gaya hidup Anda sehari-hari, apakah sudah tepat untuk penderita maag atau tidak. Pengobatan maag sesungguhnya tidak hanya bertumpu pada penggunaan obat, melainkan juga melalui perbaikan gaya hidup. Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu. Dari riwayat yang Anda tuliskan, terlalu banyak pikiran, cemas, dan khawatir berlebihan justru adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan kadar asam lambung.Untuk itu, bila memang masih ada gaya hidup di atas yang masih Anda lakukan, sebaiknya segera diperbaiki untuk mencegah perberatan gejala penyakit. Selain itu, ada baiknya Anda kembali kontrol pengobatan pada dokter yang merawat Anda. Dengan begitu kondisi terbaru Anda dapat dter dan dokter dapat memperkirakan pengobatan lanjutan apa yang baik untuk Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar