Sukses

Seputar Kb Suntik Membuat Gemuk

22 Aug 2018, 12:17 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau minta saran, Kb apa yg gak bikin gemuk. Saya saat ini pakai yg suntik 3 bulan. Tp merasa gemuk.. Dan cara menghilangkan lemak / perut gembor gimana yaa dok.. Thx.

Terima kasih telah bertanya mengenai KB Suntik melalui fitur Tanya DokterHalo,

KB suntik 3 bulan atau depo provera mengandung medroxyprogesterone acetate, hormonal yang serupa dengan hormon progesteron di dalam tubuh. Depo provera ini akan menghalangi pematangan sel telur dan menghalangi pembentukan lapisan rahim yang terjadi dalam siklus menstruasi sehingga menghalangi terjadinya pembuahan dan implantasi (perlekatan embrio ke dinding rahim).

Seperti layaknya kontrasepsi hormonal lainnya, depo provera memiliki risiko dan efek samping. Efek samping depo diantaranya adalah peningkatan berat badan, perdarahan, mual, kembung, pembesaran dan nyeri pada payudara, sakit kepala, depresi, insomnia, jerawat, nyeri punggung, dan sesuai dengan pertanyaan Anda yaitu menurunkan gairah seksual. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi.

 Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengurangi porsi makan dan berolahraga. Sarapanlah dengan makanan yang tinggi protein seperti telur. Makanan tinggi protein dapat memberikan sinyal ke otak Anda merasa kenyang lebih lama. Beberapa tips lainnya adalah:

Kurangilah konsumsi makanan berlemak.Perbanyak makan buah yang mengandung air 1 jam sebelum makan. Hindari makan buah-buahan seperti durian, mangga, pisang, dan nangka.

Makanlah nasi antara 150-200 gram dalam 1 porsi sekali makan. Nasi merah lebih baik daripada nasi putih.

Jangan menghilangkan satu jam makan pun. Acapkali yang terjadi justru diet ditempuh dengan tidak makan malam, hindarilah pola semacam ini. Cukuplah ganti menunya dengan yang lebih berkualitas selaras dengan tujuan pengurangan berat badan. Karena tubuh Anda tetap memiliki hak asupan nutrisi.

Pada makan malam, makanlah dibawah pukul 7 malam dan secukupnya.Perbanyak sayuran berserat.Hindari camilan dan mie.

Berolahragalah rutin 3x/minggu selama 30 menit.

Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan dokter spesialis kedokteran olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

 Salah satu solusi yang dapat anda lakukan selain diet adalah mengganti KB dengan yang non hormonal, seperti kondom atau IUD. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai KB Suntik . Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar