Sukses

Seputar Trigger Finger

22 Aug 2018, 11:04 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, kalau jari di tangan kanan (tepatnya jari manis) terasa seperti di setrum setiap kali di luruskan itu karena apa ya ?? Detail tambahan : terjadi saat terkena air dingin atau suhu udara sedang dingin, urat pada jari tersebut terlihat lebih gelap. terimakasih jika terjawab

Terimakasih telah bertanya tentang trigger finger melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Sebelumnya kami ingin bertanya terlebih dulu, sejak kapan Anda mengalami keluhan tersebut? Apakah terdapat keluhan tambahan seperti kekakuan pada jari? Apakah terdapat keluhan pada jari Anda lainnya? 

Yang Anda alami sepertinya merupakan penyakit trigger finger, yaitu kondisi terjepitnya otot jari-jari di daerah telapak tangan. Gejala yang biasa dialami adalah nyeri pada pangkal jari tangan, terutama saat menggenggam. Jari seperti “tersangkut” ketika dilipat dan nyeri saat diluruskan kembali.

Pada trigger finger, terjadi kekauan tendon atau selubungnya sehingga jari-jari tangan nyeri, kaku bila ditekuk, terlebih bila diluruskan. 

Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari.

Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 - 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik. 

Penanganan dilakukan dengan cara :

Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.

Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.

Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo. 

Untuk menentukan penyebab pastinya, kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Dengan demikian penanganannya akan lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar trigger finger. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar