Sukses

Penyebab Trauma Kimia pada Mata

22 Aug 2018, 11:04 WIB
Pria, 16 tahun.

Selamat siang dok,minggu lalu saya terkena ledakan aki, dan mata saya terkena ledakannya, nah yang saya tanyakan adalah mata saya yang kiri masih buram untuk melihat, padahal saya sudah ke dokter mata, sudah di irigasi dan juga sudah di beri obat tetes dan minum, tetapi mata sebelah kiri saya masih buram. Terimakasiih sebelumnya

 Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai trauma kimia pada mata.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Trauma kimia pada mata merupakan salah satu keadaan kedaruratan mata karena dapat menyebabkan cedera pada mata, baik ringan, berat bahkan sampai kehilangan penglihatan. Oleh karena itu harus segera dibawa ke unit pelayanan kesehatan atau Rumah sakit terdekat agar dapat dilakukan tindakan dengan segera dan optimal. Berikut derajat keparahan yang ditimbulkan trauma bahan kimia pada mata:

Derajat 1: kornea jernih dan tidak ada iskemik limbus (prognosis sangat baik)

Derajat 2: kornea berkabut dengan gambaran iris yang masih terlihat dan terdapat kurang dari 1/3 iskemik limbus (prognosis baik)

Derajat 3: epitel kornea hilang total, stroma berkabut dengan gambaran iris tidak jelas dan sudah terdapat ½ iskemik limbus (prognosis kurang)

Derajat 4: kornea opak dan sudah terdapat iskemik lebih dari ½ limbus (prognosis sangat buruk)

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan irigasi pada mata dengan larutan norma saline selama 15-30 menit, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak bahan kimia dan menormalkan pH di mata.

Trauma kimia ringan (derajat 1 dan 2) dapat diterapi dengan pemberian obat-obatan seperti steroid topikal, sikloplegik, dan antibiotik profilaksis selama 7 hari. Sedangkan pada trauma kimia berat, pemberian obat-obatan bertujuan untuk mengurangi inflamasi, membantu regenerasi epitel dan mencegah terjadinya ulkus kornea

Saran kami Anda kontrol kembali ke dokter mata yang merawat Anda terkait perkembangan kondisi Anda saat ini ya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai trauma kimia pada mata. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar