Sukses

Nyeri Dada Saat Batuk

21 Aug 2018, 21:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi dokter, sebelumnya saya sudah berobat untuk batuk saya. Dan saya diberikan obat alpara. Tapi batuknya belum mereda, malah semakin sering dan membuat dada sakit. Kenapa bisa demikian? Apakah saya perlu berobat lagi atau labgsung membeli obat batuk d apotek?

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri dada saat batuk melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Nyeri dada ketika batuk dapat dirasakan akibat peningkatan tekanan intraabdominal ketika Anda batuk. Ketika batuk, terjadi peningkatan tekanan di dalam rongga perut dan dada (untuk mengeluarkan rangsangan batuk). Apabila tekanan ini terlalu keras, pada saat Anda membuat batuk Anda keras untuk mempermudah keluarnya lendir atau dikarenakan keluhan gatal pada tenggorokan, maka peningkatan tekanan secara tiba-tiba ini akan membuat perut dan dada Anda terasa nyeri.

Selain hal tersebut, keluhan nyeri di dada dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, saluran pencernaan, atau jantung.

Bila keluhan nyeri yang Anda rasakan hanya timbul saat batuk atau menarik nafas, Kemungkinan keluhan Anda bisa berhubungan dengan gangguan saluran pernafasan.

Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan. Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian penjelasan kami terkait nyeri dada saat batuk, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar