Sukses

Rahang Sakit Saat Membuka Mulut

21 Aug 2018, 09:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

Maaf dok. Kulit di lekukan rahang atas saya bengkak dan kayak ada garis nya dan juga terasa sakit banget waktu buka mulut.. kira kira apa obatnya ya dok?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Rasa sakit saat buka mulut lebar merupakan salah satu tanda adanya gangguan sendi rahang atau Temporomandibular Joint Disorders (TMJ Disorders). Gejala lain yang mungkin terjadi yaitu bunyi 'klik' saat bukan mulut, kekakuan rahang(stiffness), sakit kepala, sakit kuping, kepala pusing, persoalan menggigit(malocclusion) atau rahang terkunci.

Sendi rahang kanan yang lebih menonjol itu adalah suatu keadaan dimana processus kondiloideus dengan diskus artikularisnya keluar dari fossa artikularis melalui eminensia artikularis dan berada di depan tuberkulum artikularis biasa disebut Luksasi/ Dislokasi Mandibula.

Terapi utama untuk mengobati rasa sakit pada sendi rahang adalah terapi panas dan dingin, pemberian makanan lunak dan obat-obatan anti peradangan. Terapi lain, antara lain :

-Jaw Rest (Mengistirahatkan Rahang); Istirahatkan gigi–gigi dari berkontak pada rahang atas dan bawah. Hindari menggertakkan gigi (grinding), hindari mengunyah permen karet atau makanan yang keras, kenyal(chewy) dan garing(crunchy) seperti sayuran mentah, permen-permen atau kacang-kacangan. Makanan yang memerlukan pembukaan mulut yang lebar seperti Hamburger, juga tidak dianjurkan.

-Terapi Panas dan Dingin; Terapi ini membantu mengurangi tegangan dan spasme otot-otot. Gunakan Kompres Dingin(Cold packs) untuk meringankan rasa nyerinya.

-Obat-obatan; Obat Anti Peradangan atau steroid dapat membantu mengontrol peradangan. Obat perelaksasi otot dapat membantu dalam mengurangi spasme-spasme otot.

-Terapi Fisik; Pembukaan dan penutupan rahang secara pasif, pijat(massage).

-Managemen stres; Konsultasi psikologi untuk pengelolaan stres.

-Terapi Occlusal; menggunakan suatu alat dari bahan akrilik yang dibuat sesuai dengan bentuk gigi geligi pasien. Dipakai pada malam hari.

-Koreksi Kelainan Gigitan; seperti perawatan kawat gigi ataupun restorasi gigi berupan tambalan ataupun crown and bridge.

-Operasi; Diindikasikan sebagai jalan terakhir bila semua percobaan terapi medis gagal. TMJ Arthroscopy, Ligament tightening, restrukturisasi rahang (joint restructuring) dan penggantian rahang (joint replacement) dipertimbangkan bila terjadi kerusakan berat pada rahang.

Ada baiknya bila anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi anda.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar