Sukses

Rahang Bawah Terasa Maju

20 Aug 2018, 22:32 WIB
Pria, 12 tahun.

Dok kenapa yh rahang bawah saya maju dan saat makan rahang bawah yg bekerja bukan atas apakah pake rainter/behel silicon bisa memundurkan rahang bawah sebelum nya sat kecil saya suka ngempeng dan saat kecil rahang sya baik baik saja dok mohon solusinya

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda berikan bahwa rahang bawah anda agak maju ke depan memiliki dua kemungkinan. Apakah masalahnya hanya sebatas masalah dental (gigi) saja tanpa melibatkan skeletal atau kelainannya memang kelainan skeletal (rahang). Kelainan skeletal pun ada beberapa kemungkinan, bisa rahang atas normal tapi pertumbuhan rahang bawah berlebihan, atau rahang atas kurang berkembang sedangkan rahang bawah normal, atau kombinasi keduanya. Masing-masing kelainan tersebut memiliki cara pendekatan yang berbeda untuk rencana perawatannya.

Setiap pasien yang memiliki keluhan mengenai posisi gigi atau rahang yang dirasa tidak normal dan ingin dirawat dengan perawatan orthodontik (kawat gigi), sebelumnya perlu menjalani serangkaian pemeriksaan terlebih dulu karena perawatan orthodontik ada aturannya, tidak bisa asal pasang. Dokter gigi perlu memeriksa kondisi gigi secara klinis, kemudian rahang dicetak untuk mendapatkan model/duplikat gigi pasien. Model gigi tersebut digunakan untuk menganalisa kebutuhan ruang bagi penggeseran gigi yang diperlukan, jadi bisa diperkirakan gigi mana yang harus dimajukan/dimundurkan/digeser dan apakah ada gigi yang harus dicabut untuk mendapatkan ruang bagi pergeseran tersebut. Selain itu juga perlu foto rontgen gigi (dua jenis yaitu panoramik dan cephalometri) untuk membantu dalam penegakan diagnosa dan pembuatan rencana perawatan, agar didapat hubungan yang harmonis antara rahang atas dan bawah serta oklusi (gigitan) dan posisi gigi yang ideal.

Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis orthodonti (drg. Sp.Ort) yang berkompeten dalam melakukan perawatan orthodonti mengingat kasus gigi anda cukup sulit karena meliputi kelainan rahang.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar