Sukses

Cara Menghitung Waktu Persalinan

20 Aug 2018, 20:37 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok mau tanya, sekarang saya lagi hamil hpl tiap periksa ke dokter beda2, klo sama bidan perkiraan tgl 12 agustus, klo pas didokter tgl 17 tpi sampai sekarang baru kerasa kenceng2 aja.... Apakah tidak apa-apa dok atau lebih baik diusg atau cari dokter lain ya dok... Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Cara Menghitung Waktu Persalinan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perkiraan Persalinan atau Kelahiran dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yang sering dilakukan adalah dengan menghitung perkiraan berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan menggunakan rumus Naegele, yakni hari ditambahkan 7, bulan dikurangi 3, tahun ditambahkan 1. Namun, cara perhitungan ini hanya dapat berlaku akurat jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur selama 6 bulan terakhir sebelum hamil. Selain itu, tanggal perkiraan persalinan dengan menggunakan perhitungan ini juga dapat mengalami pergeseran maju atau mundur sekitar 1-2 minggu dari hasil perhitungan.

Jika HPHT Anda 27-9-2017, maka perkiraan kelahiran bayi Anda adalah tanggal 4-7-2018

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG yang tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Menghitung Waktu Persalinan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar