Sukses

Sulit Tidur Dan Haid Tidak Teratur

20 Aug 2018, 19:20 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalammualikum dok. Maaf sebelumnya Saya mau tanya keluhan kakak saya Ia selalu Susah tidur Trus Perutnya sering sakit bagian kanan dan kiri bawah. Sering mual. Lemes dan pusing. Pingganya juga terasa sakit Lainnya Bau dri keputihannya Tidak enak. Dan dia juga Telat Menstruasi 2 bulan Klo tidak salah .Itu sakit apa ya dok ? Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Sulit Tidur Dan Haid Tidak Teratur.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Sulit masuk tidur atau mempertahankan tidur disebut dengan insomnia. Insomnia hanyalah sebagian kecil dari gangguan tidur, tetapi merupakan keluhan yang paling sering dari gangguan tidur.

Ada banyak faktor penyebab gangguan tidur, yaitu faktor psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk.

Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisik tertentu yang memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat  sehingga membuat kondisi fisik senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari.

Namun demikian, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah:

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari.

  2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, narkotik.

  3. Cobalah mengatur pola tidur.

  4. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.

  5. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur.

  6. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb. Tidur di ruangan gelap lebih baik daripada ruangan terang.

  7. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter.

  8. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur.

  9. Relaksasi.

  10. Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.

  11. Berpikir positif.

  12. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

Perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung daengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi Anda adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan.

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan Anda, bagaimana dengan pola makan Anda beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang Anda lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang Anda alami saat ini?

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

- Kehamilan- Stress dan depresi- Nutrisi yang kurang- Penurunan berat badan berlebihan- Olahraga berlebihan- Obesitas- Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh- Gangguan indung telur- Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll- Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

Periksakan diri Anda ke dokter bila:

- Menstruasi Anda berhenti lebih dari 3 bulan dan Anda sedang tidak hamil- Menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari- Menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya, hingga Anda harus mengganti pembalut setiap 1-2 jam- Siklus menstruasi Anda berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari- Anda mengalami flek-flek kecoklatan diantara siklus menstruasi- Anda mengalami nyeri yang hebat sewaktu menstruasi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Sulit Tidur Dan Haid Tidak Teratur. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar