Sukses

Leher Sakit
20 Aug 2018, 12:53 WIB
Pria, 17 tahun.

Kenapa di bagian leher sebelah kanan saya sakit terasa sakit ketika menelan dan ketika bersujud pada sholat ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih Anda telah bertanya seputar leher sakit menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Karena tidak melakukan pemeriksaan langsung, kami ingin sampaikan kemungkinan penyakit yang Anda derita berdasarkan keluhan yang Anda rasakan. Jika memang keluhan nyeri terjadi di sekitar leher, bila Anda raba terdapat benjolan dan disertai nyeri menelan, maka kemungkinan Anda menderita tonsilitis atau peradangan amandel, amandel atau dikenal dengan nama tonsil adalah jaringan limfoid yang berlokasi di beberapa tempat dalam rongga mulut dan rongga faring. Tonsil yang paling dikenal adalah tonsil palatina yang berlokasi di  oro faring (kanan-kiri, belakang lidah), berbentuk almond, sepasang, dan mudah dilihat.

Fungsi dari tonsil adalah melawan infeksi di dalam tubuh,khususnya pada daerah mulut baik yang disebabkan oleh virus , jamur maupun bakteri dengan cara membantu tubuh memproduksi antibodi untuk membantu melawan infeksi. Saat terjadi infeksi, tonsil bekerja lebih keras untuk melawan infeksi tersebut sehingga terjadi pembesaran maupun peradangan tonsil yang disebut dengan tonsillitis. Gejala umum tonsillitis adalah nyeri tenggorok dan demam. Pada tenggorok dan tonsil biasanya terlihat merah dan membengkak. Pada tonsil dapat terlihat nanah yang menutupi secara penuh ataupun  bercak-bercak.

Pembesaran tonsil  dapat dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, menghindari pencetus alergi, dan menghindari zat yang merangsang pembesaran tonsil  seperti jangan terlalu lelah serta hindari MSG dan dingin.

Namun jika nyeri dan benjolan dirasakan tidak seperti yang kami jelaskan seperti di atas dan gejala dirasakan sangat mengganggu maka kami sarankan agar Anda segera memeriksakan kesehatan Anda kepada dokter spesialis THT untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar leher sakit, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar