Sukses

Tidak BAB 4 Hari pada Bayi
20 Agu 2018, 12:53 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat malam dok, Dok saya mau tanya, apa masih normal jika bayi yang masih ASI ekslusif tidak BAB selama 4hari, anak saya usia 3bulan, sudah dua Minggu ini BABnya susah ini sudah 4hari belum BAB dok, perutnya juga kembung, lalu apa yang harus saya lakukan y dok, apa saya harus kasih pepaya dihaluskan atau bagaimana,? Apa itu masih normal,,? Saya tunggu jawaban dari dokter, terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang tidak BAB selama 4 hari pada bayi dengan Tanya Dokter,

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bayi yang diberi ASI tidak BAB setiap hari adalah keadaan normal, karena sebagian besar dari nutrien yang ada diserap atau diabsorbsi sehingga sisa yang akan dikeluarkan hanya sedikit. BAB masih normal jika terjadi tiap 1 - 5 hari. Menginjak usia 2 - 6 minggu, frekuensi BAB memang berkurang.  

Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Teruskan pemberian ASI pada anak Anda, menurut panduan WHO, sebaiknya anak diberikan ASI eksklusif sampai berusia 6 bulan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tidak BAB selama 4 hari pada bayi. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar