Sukses

Diare pada Anak
20 Aug 2018, 12:53 WIB
Wanita, 25 tahun.

Slmt mlam dok... saya mau konsul dok, anak saya udah 3 hari diare dok kdang dia jg muntah2, gk mw makan, asi jga kurang, bdan nx udh krus dok gra2 gak mau makan, bwaan nx lemes dan lesu aja dok, nngis mulu dan pngen nya tidur mulu.... Pengen nangis saya liat kondisi nya sekarang dok, obat nya apa ya dok biar diare nx cepat sembuhh anak saya umur 11 bulan do....???

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang diare pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Rasa lemas yang anak Anda alami kemungkinan besar masih kelanjutan dari diare yang sudah terjadi, yaitu dehidrasi (kurang cairan) dan kurang gizi (karena asupan makanan kurang selama diare).

Sebaiknya anak Anda diperiksakan ke dokter anak agar dipastikan kondisi ini hanya efek lanjutan dari diare dan bukan karena yang lain.

Sementara ini, berikan anak Anda air putih semau anak, minimal 6-8 gelas per hari. Berikan pula oralit untuk mengembalikan ion-ion yang keluar ketika diare. Kekurangan ion-ion penting ini seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium juga membuat lemas. Bila anak sudah mulai mau makan, berikan pisang (tinggi kalium) dan makanan yang disuka agar ia mau makan dan tidak lemas.

Di samping itu, berikan pula probiotik dan suplemen Zinc agar ususnya cepat pulih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar diare pada anak. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar