Sukses

Trauma Kimia pada Mata

20 Aug 2018, 11:09 WIB
Pria, 16 tahun.

Saya ingin bertanya dok, hari selasa minggu lalu saya terkena ledakan aki, dan mata saya terkena trauma mata asam yang terjadi akibat ledakan aki tadi itu, nah yang saya tanyakan adalah mata saya yang kiri masih buram untuk melihat, padahal saya sudah ke dokter mata, sudah di irigasi dan juga sudah di beri obat tetes dan minum, tetapi mata sebelah kiri saya masih buram. Nah buram tadi itu bersifat sementara atau menetap? Saya ucapkan Terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Air aki termasuk dalam larutan yang bersifat asam. Trauma kimia pada mata seperti oleh larutan asam basa memerlukan penanganan segera. Berat ringannya trauma bergantung pada jenis zat kimia, lama paparan dengan mata, dan penalataksanaan trauma.

Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kerusakan pada mata. Kerusakan ringan biasanya hanya mengenai segmen bagian depan mata, termasuk kornea, konjungtiva, dan kadang-kadang mengenai segmen dalam mata seperti lensa. Risiko yang paling fatal adalah gangguan penglihatan bahkan kebutaan. Zat kimia yang bersifat basa biasanya akan berpenetrasi lebih cepat dan lebih dalam dibanding zat kimia yang bersifat asam.

Penanganan pertama yang dapat dilakukan pada saat kejadian adalah irigasi. Irigasi dilakukan dengan mengalirkan air ke daerah mata yang terkena sebanyak mungkin dengan tujuan untuk menetralkan pH. Irigasi dilakukan selama minimal 10 menit. Meskipun tidak nyaman, buka kelopak mata selebar mungkin saat melakukan irigasi agar semua bagian mata tersiram air. Setelah melakukan irigasi, segera bawa ke ruang gawat darurat untuk mendapatkan penanganan segera.

Tindakan yang Anda lakukan saat penanganan awal sudah sesuai, namun sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri kembali ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan pemeriksaan mendetil pada mata Anda untuk melihat adakah kerusakan pada bagian mata. Keluhan penurunan fungsi penglihatan yang dikeluhkan dapat disebabkan oleh iritasi pada kornea dan peningkatan tekanan bola mata (glaukoma) akibat trauma asam.

Alat pelindung diri (APD) harus dipakai terutama untuk pekerja lapangan yang rentan terhadap kecelakaan kerja. Terdapat beberapa jenis kacamata APD, yaitu:

  • Kacamata safety
  • Goggles
  • Welding
  • Kacamata pengaman laser
  • Perisai wajah

Googles merupakan kacamata yang dapat melindungi seluruh area di sekitar mata. Googles dapat melindungi mata dari debu dan percikan bahan kimia.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan lanjutan mengenai keluhan Anda yang disebabkan oleh trauma kimia (asam). Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik mata dan pemeriksaan penunjang serta memberikan pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar