Sukses

Gigi Sulung Patah

20 Aug 2018, 11:56 WIB
Wanita, 25 tahun.

Bismillaah dok, anak saya umurnya 21bulan, kemarin gigi depan nya patah setengah tidak terbentur apapun, malahan anak saya sedang menyusu, kemudian dia nangis2, tapi makan agak susah kayaknya gigi nya sakit atau ngilu. apa yang harus saya lakukan? soalnya agak waswas juga dok, terimakasih

Terimakasih telah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan anda, gigi patah ada 2 kemungkinan, bisa jadi ruang pulpanya terbuka atau tidak. Bila pada saat patah tidak disertai perdarahan dari dalam gigi(bukan dari gusi) maka kemungkinan ruang pulpa belum terbuka. Tapi trauma dapat mengakibatkan giginya lama kelamaan berubah warna menjadi gelap dan gigipun menjadi nonvital atau mati.

Sebaliknya Bila saat patah terdapat perdarahan banyak dari dalam gigi, maka kemungkinan besar pulpa gigi sudah terbuka. Biasanya rasa sakit dan ngilu akan bertahan lama, apalagi ketika anak minum panas atau dingin. Jika keadaan seperti ini maka perlu dilakukan perawatan saluran akar, agar gigi tidak sakit. Gigi yang sakit dapat menyebabkan anak kesulitan dalam makan.

Ada baiknya bila anda merasa khawatir segera melakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi agar dapat dilakukan perawatan secara tepat.

Demikian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar