Sukses

Operasi pada Kanker Lambung

20 Aug 2018, 08:35 WIB
Wanita, 78 tahun.

Dok saya ingin bertanya..nenek saya di diagnosa Gastric Biopsy : Infiltrative poorly diffrenetiated adenocarcinoma with signet ring cell.Dokter yang menangani menganjurkan untuk di operasi karena tidak ada obatnya. Menurut Klik dokter apa yang harus di anjurkan? Sedangkan nenek saya sudah berumur 78 tahun apakah tidak terlalu beresiko untuk di operasi.Terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi nenek Anda.

Pilihan terapi pada kanker lambung tergantung pada stadiumnya dan juga kondisi fisik penderitanya. Jika dokter memilih operasi, tentu itu karena belum ada penyebaran ke area lain, dan terapi itu dianggap yang terbaik. Akan tetapi, memang harus dilihat juga toleransi jantung dan paru pasien terhadap operasi. Terlebih usianya sudah tua.

Pilihan terapi lain yakni dengan kemoterapi. Akan tetapi ini pun dapat menimbulkan efek samping yang dapat menurunkan kualitas hidup pasien. Terlebih pasien sudah berusia lansia dengan tingkat kebugaran tubuh yang tidak sama dengan usia 40-50an.

Oleh sebab itu, kami sarankan agar Anda dan keluarga berdiskusi kembali dengan dokter yang merawat. Pada dasarnya terapi kanker sangat spesifik dan individualistik tergantung stadium kanker dan derajat toleransi pasien terhadap terapi. Dicari terapi terbaik untuk menghilangkan kanker dengan risiko dan efek samping paling minimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar