Sukses

Penyebab Hidung Tersumbat Terus-Menerus

20 Aug 2018, 08:27 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat siang dok... saya mau tanya mengenai penyakit atau apalah ini yang mulai saya alami mulai tahun lalu setelah pulang dari medan.. Semenjak saya pulang dari medan dan sampai di kampung dengan udara memang agak dingin saya selalu saja pilek dan hidung tersumbat sepanjang hari.. setiap pagi adalah yang paling parah ditambah dengan tenggorokan sakit setiap paginya setelah bangun dari tidur. Sepanjang hari ingus bening mengalir terus dan membuat saya terganggu dalam melakukan aktivitas. Saya mau tanya apa yang terjadi dengan saya dan saran kepada saya selain menyuruh ke dokter THT. Dan sebelum tahun 2017 ini belum pernah terjadi kepada saya. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang mengiritasi atau menyebabkan peradangan di dalam hidung. Infeksi (common cold/selesma atau sinusitis), alergi dan iritan (asap rokok), dapat menyebabkan hidung tersumbat. Kelainan anatomi seperti septum deviasi maupun adanya polip hidung juga dapat menyebabkan hidung tersumbat terus menerus. Sebagian orang mengalami hidung tersumbat kronik tanpa ada sebab yang jelas.

Pada kasus Anda, hidung tersumbat kemungkinan akibat alergi atau kelainan anatomi di dalam hidung. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Ada kemungkinan akan dilakukan nasoendoskopi (pemeriksaan hidung menggunakan kamera) untuk melihat dengan jelas penyebab sumbatannya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar