Sukses

Keputihan Akibat Jamur

19 Aug 2018, 19:31 WIB
Wanita, 21 tahun.

Doktee saya mau tanya, saya baru menikah sekitar 3 bulan, kalo saya hubungan badan kadang keluar cairan seperti putih susu dari miss v saya dengan jumlah lumayan banyak, apakah itu sisa cairan ejakulasi dari Hubungan Badan yg kemarin ya dok.. dan apakah kalo sisa ejakulasi belum keluar akan menyebabkan gatal pada miss v? Soalnya kalau saya merasa gatal 1/2 hari dan melakukan hubungan dengan suami mengeluarkan cairan tersebut gatalnya hilang dok Mohon penjelasannya dok. Atau apakah bisa itu adalah cairan keputihan yg abnormal.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami sepertinya keputihan akibat infeksi jamur Candida albicans, yang normalnya memang ada di dalam vagina. Jika tumbuh berlebihan, maka bisa menimbulkan keputihan yang seperti susu basi atau keju.

Infeksi ini menyebabkan pH vagina lebih asam dari normalnya dan karena itu, saat berhubungan intim, gatal terasa lebih berkurang karena cairan sperma memiliki pH yang basa, sifatnya menetralkan.

Keputihan ini harus diobati dengan obat antijamur yang biasanya dimasukkan ke dalam vagina (sediaan ovula). Sebaiknya, Anda mendatangi dokter kulit atau dokter kandungan untuk mendapatkan obat yang tepat. Dengan melihat langsung saja, keputihan bisa dibedakan mana yang disebabkan karena jamur dan mana yang oleh bakteri.

Selain itu, lakukan hal-hal berikut untuk mengurangi keluhan dan mencegah perburukan keputihan yang abnormal:

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar