Sukses

Benjolan di Kulit Wajah

17 Aug 2018, 11:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok, saya Nana Marfiana. Saya punya masalah dok, ada benjolan di kulit wajah saya, di kulit area tulang pipi. Benjolannya berdiameter 0,25cm, agak mirip seperti melepuh kena minyak panas, agak mirip seperti tahi lalat tapi ini lebih kenyal atau tidak sekeras tahi lalat, warnanya ungu, sudah dua minggu belum kempes, padahal tidak sakit dok. Awal munculnya saya kira jerawat biasa, karena saat muncul terasa pegal seperti jerawat mau tumbuh, sakitnya sekitar tiga harian, tapi sekarang sudah dua minggu belum kempes juga. Kira² itu jerawat atau indikasi penyakit lain ya dok? Terus sebaiknya saya harus gimana, kalau saya bawa ke skicare buat facial gimana? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Benjolan di Kulit Wajah melalui fitur Tanya Dokter

Jika Anda yakin benjolan tersebut bukanlah jerawat, maka ada beberapa kemungkinan benjolan yang dapat terjadi.

Beberapa benjolan kecil pada wajah dan leher kemungkinan tumor jinak kulit. Kami tidak dapat menentukan diagnosis dikarenakan terbatasnya informasi yang Anda sampaikan. Penentuan diagnosis harus dilakukan dengan pemeriksaan langsung. Tumor jnak umumnya tidak membahayakan. Keluhan yang sering timbul dari pasien adalah masalah kosmetik. Diantara tumor jinak tersebut yang paling sering ditemukan adalah keratosis seboroik. Terdapat 9 (sembilan) jenis tumor jinak pada kulit. Beberapa dari itu akan dijelaskan disini.

Apakah Anda pernah melihat atau memiliki bercak coklat kehitaman pada wajah? Apakah perabaannya kenyal? Apabila iya, dari keluhan yang Anda sebutkan kemungkinan adalah keratosis seboroik. Keratosis seboroik adalah salah satu tumor jinak kulit yang ditandai bintil berwarna coklat sampai hitam dengan perabaan kenyal. Umumnya hal ini tidak membahayakan. Lokasi tersering timbulnya kelainan ini adalah muka dan tubuh bagian atas. Penyebabnya adalah pajanan matahari. Anjuran pengobatan untuk keratosis seboroik adalah bedah listrik, bedah beku dan bedah kimia..

Tumor jinak lain adalah yang dikenal dengan nama tahi lalat. Apakah Anda memiliki tahi lalat? Tahi lalat dalam dunia medis dikenal dengan nevus pigmentosus. Lokasi tersering tahi lalat adalag pada muka dan badan lainnya. Tahi lalat berbentuk binitl berbatas tegas, berkilat, dan umumnya berambut. Terapi untuk menghilangkan tahi lalat adalah dengan bedah skalpel.

Tumor jinak berikutnya adalah siringoma. Lokasi tersering dari siringoma adalah kelopak mata bawah atau kelopak mata atas, pipi, dan dahi. Siringoma berbentuk bintil bintil berukuran kecil dan berwarna putih. Terapi untuk menghilangkan siringoma adalah dengan bedah listrik.

Tumor jinak berikutnya adalah xantelasma. Xantelasma merupakan penumpukan lemak di kulit yang ditandai bintil coklat kekuningan. Lokasi tersering terdapat xantelasma adalah pada kelopak mata. Terapi yang dapat digunakan adalah bedah skalpel.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Benjolan di Kulit Wajah. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar