Sukses

Perubahan Warna Kulit

18 Aug 2018, 15:08 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok,tanya tentang kulit?kan gini pada bagian jidat pada kulit aslinya warna coklat tiba-tiba beberapa bagian kulitnya putih sehingga pada jidat kepala tidak sepenuhnya warna coklat

erima kasih telah bertanya tentang perubahan warna kulit menggunakan layanan Tanya Dokter 

Warna kulit dapat berubah dengan adanya perubahan kandungan pigmen. Perubahan kandungan pigmen dapat diakibatkan antara lain oleh bertambahnya pigmen, pigmentasi karena penyakit lain, deposit pigmen karena adanya logam dan obat.

Kelainan kulit yang diakibatkan karena bertambahnya kandungan pigmen melanin di kulit dinamakan hipermelanosis. Hipermelanosis dapat menyebabkan kulit menjadi coklat dan abu-abu tergantung pada lokasi melanin di lapisan kulit yang mana. Pembentukan melanin dapat dipicu salah satunya dengan pajanan sinar matahari.

Perubahan kandungan pigmen akibat pigmentasi karena penyakit lain salah satu contohnya adalah yang dikenal dalam dunia medis dengan homokromatosis. Homokromatosis dapat dilihat sebagai pigmentasi menyeluruh dan terutama pada muka dan bagian lengan, punggung tangan, serta daerah genital. Homokromatosis ditandai dengan adanya pigmentasi, diabetes mellitus, dan hepatomegali, sering disertai dengan kelainan jantung, dan sirosis hati. Pigmentasi yang terjadi pada homokromatosis disebabkan oleh penumpukan melanin, besi, atau keduanya. Bila disebabkan oleh melanin berwarna perunggu, dan bila disebabkan oleh besi tampak warna abu-abu.

Perubahan warna kulit akibat logam berupa pigmentasi akibat adanya penumpukan logam yang dibawa melalui aliran darah atau akibat penggunaan obat luar. Beberapa contoh logam yang dapat menimbulkan gejala ini adalah perak nitrat, bismut, merkuri, emas. Perubahan warna pada penumpukan logam perak nitrat, bismut dan merkuri berwarna keabuan. Sedangkan merkuri berwarna coklat dan abu-abu. Beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan gejala ini adalah minoksiklin, klorpromasin, dan klofazimin.

Untuk mengetahui apakah keluhan yang Anda rasakan merupakan akibat dari pajanan matahari atau dari perubahan kandungan pigmen yang lain, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit kelamin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar