Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Hubungan Intim dan Keperawanan
18 Aug 2018, 13:19 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo dok. Saya mau tanya. Saya sempat berhubungan badan dengan pasangan saya, penis hanya di gesek ke vagina dan tidak seutuhnya penis masuk ke dalam vagina saya, hanya ujung kepala penis sempat masuk sedikit sekali ke dalam vagina saya. Setelah kurang lebih 2 jam, saya BAK dan di akhir air pipis keluar darah sedikit. Keesokan hari'a saat saya BAB di sertai darah segar dan dubur terasa nyeri. Apakah itu karena selaput dara robek atau karena gesekan yang terlalu kencang? Ataukah karena adanya penyakit dalam dok? Dan apakah bisa menyebabkan kehamilan dok? Mohon penjelasannya. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai keperawanan melalui fitur Tanya Dokter

Istilah keperawanan saat ini lebih ditekankan pada ada atau tidaknya selaput dara atau hymen pada liang vagina seorang wanita. Pada umumnya, pemeriksaan keperawanan dilakukan dengan memeriksa keadaan selaput dara atau hymen. Sebenarnya, definisi yang lebih tepat dari hilangnya keperawanan adalah telah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau telah melakukan hubungan intim.

Pada umumnya selaput dara/hymen akan robek saat hubungan seksual pertama kali akibat penetrasi yang dilakukan. Namun robekan mungkin saja tidak terjadi pada jenis selaput dara yang sangat elastis. Dan robekan pada selaput dara pun tidak harus selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Hal ini dapat juga disebabkan karena penggunaan tampon dan olahraga berat yan juga dapat menyebabkan keadaan robekan selaput dara yang tipis strukturnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keperawanan seseorang tidak dapat ditentukan hanya dari utuh atau tidaknya selaput dara namun pada proses penetrasi yang terjadi sebelumnya. Nyeri yang anda rasakan bisa saja akibat gesekan pada vagina.

Kehamilan terjadi bila sel telur bertemu dengan sperma. Selama terjadi penetrasi penis ke dalam liang vagina, meskipun baru berhubungan intim meskipun baru dilakukan hanya satu kali saja sudah dapat menyebabkan kehamilan terutama bila sang wanita sedang dalam masa subur. Pada wanita dengan siklus haid normal, masa subur terjadi sekitar 14 hari sebelum tanggal haid berikutnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai keperawanan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar