Sukses

Efek Samping KB IUD

18 Aug 2018, 09:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malam dok, Nama saya ika,, Saya usia 20 dok,,punya anak satu umurnya tiga taun,,saya kb spiral (atas saran dokter)karna saya punya riwayat darah tinggi,,yg mau saya tanyakan,,semenjak pake kb spiral saya haid nya panjang sampe sebulan..dan jaraknya pendek...setiap saya cek ke puskesmas selalu di bilangin kalo itu karna hormon..apakah ini normal dok,,saya juga ga boleh hamil lg sebelum 5 tahun

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Flek yang Anda alami dapat disebabkan karena efek samping dari IUD. Secara umum, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakitSedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hariCairan vagina lebih banyakRisiko keputihan lebih besarRasa pegal-pegal, kaki lemas, dan keram perut yang Anda alami dapat merupakan efek perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi. Testpack merupakan alat screening yang cukup akurat, dan hasil negatif dapat menunjukkan bahwa Anda tidak megalami kehamilan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA) 

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter. 

0 Komentar

Belum ada komentar