Sukses

Penyebab Kaki Baal

17 Aug 2018, 16:11 WIB
Pria, 16 tahun.

assalamualaikum.. dok saya mau bertanya, dok bapak saya ga bisa jalan karena kakinya terasa baal/kesemutan padahal sudah diperiksa katanya bukan asam urat sama reumatik. setiap jalan serasa kaki ga ada rasa , padahal keadaan tubuh lain normal-normal aja. sebenarnya bapak saya kenapa ya dok? apakah ada masalah sama saraf atau tulangnya? makasih sebelumnya. wassalamuaikum..

Terimakasih telah bertanya tentang kaki baal menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kaki baal atau Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Selain itu frekuensi nafas yang cepat, serangan panik dan dehidrasi juga dapat menimbulkan kesemutan. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Penyebab lain dari kesemutan dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus dan rematik.

Karena kurangnya data yang tersedia dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, maka kami mengalami kesulitan untuk mendiagnosis dan menentukan diagnosis pasti dari keluhan yang Anda alami. Jika kesemutan terjadi dalam waktu singkat dan membaik setelah Anda menggerakkan kami, maka Anda tidak perlu hawatir. Namun apabila keluhan terjadi terus menerus dan semakin mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, Anda dapat melakukan latihan senam kaki. Latihan ini dapat dilakukan dengan posisi berdiri, duduk dan tidur, dengan cara menggerakkan kaki dan sendi-sendi kaki misalnya berdiri dengan kedua tumit diangkat, mengangkat dan menurunkan kaki. Gerakan dapat berupa gerakan menekuk, meluruskan, mengangkat, memutar ke luar atau ke dalam dan mencengkeram pada jari-jari kaki. Latihan senam dapat dilakukan setiap hari secara teratur, sambil santai di rumah, juga waktu kaki terasa dingin.

Beberapa obat yang dapat dikonsumsi adalah obat anti nyeri, antidepresan dosis rendah, dan beberapa obat anti kejang. Obat penghilang rasa nyeri berupa asetaminofen seperti paracetamol, atau anti inflamasi non-steroid. Antidepresan pada dosis rendah dapat mengatasi rasa nyeri atau kebas yang ada. Anti kejang digunakan untuk menstabilisasi saraf yang rusak dan mengurangi sinyal nyeri yang dikirim ke otak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pemberian metilkobalamin atau vitamin B12 juga membantu dalam mengatasi hal ini. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa mandi air hangat juga dapat meredakan gejala baal atau kebas yang ada. Tentunya obat-obat ini hanya dapat didapatkan dengan resep dokter setelah dokter melakukan pemeriksaan klinis.

Demikian penjelasan tentang kaki baal  yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar