Sukses

Penanganan Sumbing Langit-Langit

17 Aug 2018, 15:47 WIB
Wanita, 47 tahun.

Dok mohon maaf sebelumnya ..ini peetanyaan bukan untuk saya tapi untuk anak keponakan saya..Anak keponakan saya itu mengalami kelainan sejak lahir yaitu sumbing langit langit. Sejak bayi minum susunyana normal . 4 bulan pertama minum asi perah dengan dot khusus. Namun usia 4 bulan air susu ibunya semakin sedikit dan akhirnya suusah kelur sehingga dibantu sufor. Sejak 4 bulan samoai sat ini usia memasuki 10 bulan minum sufor dan sudah diberi makan sejak usia 6 buan. Yang saya khawatirkan berat badannya kurang menggembirakan . Di usia 9 bulan hanya 6.5 kg. Kemudian perkembangannya juga jauh tertinggal dengan balita seuisanya. Skrng baru bisa menarik sesikit badannya ke depan. Sudah diperiksa ke tim dokter tumbuh kembang dan diaarankan pemeriksaan telinga. Gizi, syaraf, mata, dan jantung. Untuk syaraf dan mata sudah dilakukan dan hasilnya baik baik saja. Tapi volume otak memang agak kecil tapi kata dikternya itu bisa diatimulus . Pada telinga memang ada gangguan sesikit pendengaran . Untuk jantung blm dilakukan pemeriksaan . Yang saya tanyakan kapan sebaiknya dilakukan operasi . Apakah ada hubungan gangguan perkembangannya dengan malnutrisi ? Mohon jawavannya dok karena kami keluarganya ingin agar nanti dia tumbuh seperti anak normal lainnya. Pernah juga konsul ke dokter bedah mulut dan menyarankan diooerasi usia 15 bulan . Namun kami khawatir kalau menubggu sampai usia 15 bulan akan mengganggu oerkembangan selanjutnya . Terima kasih atas jawabannya

Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan tentang sumbing langit langit mulut dengan fitur Tanya Dokter

Sulit bagi kami menentukan langkah terapi dengan informasi yang terbatas, tanpa melihat jenis sumbing dan tidak diperiksa langsung. Penanganan kasus ini sangat individual tergantung jenis keparahan sumbing. Izinkan kami menjelaskan tentang sumbing langit-langit. Sumbing langit-langit merupakan kondisi cacat lahir yang ditandai dengan terdapatnya celah pada langit-langit mulut. Pada sebagian besar kasus, sumbing langit-langit juga bisa diwariskan dari orangtua. Dalam hal ini, tak ada yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sumbing langit-langit

Meskipun demikian, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko melahirkan bayi sumbing. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi selama trimester pertama kehamilan. Karena tiga bulan pertama kehamilan adalah waktu ketika jaringan wajah telah terbentuk.

Diagnosis biasanya dilakukan pada saat bayi lahir. Seorang dokter dapat mendiagnosis sumbing langit-langit dengan memeriksa bayi yang baru lahir.

Namun, diagnosis sebelum kelahiran juga dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG (pada usia kehamilan 18 minggu). Sumbing bibir lebih mudah didiagnosis melalui ultrasound kehamilan daripada sumbing langit-langit.

 Tanda dan gejala yang terlihat dari kondisi sumbing langit-langit adalah:

Pemisahan bibir. Pemisahan langit-langit mulut

Pemisahan bibir dan langit-langit mulut

Distorsi hidung atau adanya celah pada bibirInfeksi telinga yang terjadi secara berulang

Berat badan tidak bertambah

Air susu yang keluar dari lubang hidung ketika menyusui

Sindrom yang paling sering dijumpai bersamaan dengan sumbing langit-langit adalah Pierre Robin.

Ciri-ciri dari sindrom ini adalah tulang rahang bawah yang kecil, lidah yang menutup kerongkongan, dan sumbing pada langit-langit mulut (sumbing yang terjadi biasanya berbentuk huruf U). Anak dengan sindrom ini dipastikan mengalami kesulitan dalam bernapas.

Pengobatan

Jika seorang bayi didiagnosis menderita sumbing langit-langit, ada hal-hal yang perlu diwaspadai, seperti:

Kesulitan menyusui, sehingga mengganggu pertumbuhannyaRisiko tersedak karena adanya hubungan antara rongga mulut dan hidungSumbatan jalan napasKetiga hal tersebut tentu saja bergantung pada jenis sumbing (bibir, langit-langit, atau keduanya) dan derajat keparahan sumbing.

Kesulitan menyusui dapat diatasi mulai dari penggunaan dot khusus, pipa nasogastrik (NGT), hingga pembedahan (gastrotomi). Pemasangan NGT dan gastrotomi dipilih jika pasien mengalami gangguan neuromuskular. Ini adalah kondisi medis yang ditandai dengan ketidakmampuan sistem saraf dan otot untuk bekerja sebagaimana mestinya. Sementara itu, ketika terjadi gangguan napas, posisikan pasien pada keadaan telungkup.

Waktu yang tepat untuk melakukan operasi dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain perkembangan kemampuan bicara dan pertumbuhan pasien. Para ahli berpendapat bahwa pasien yang menjalani operasi sebelum usia 12 bulan mempunyai kemampuan berbicara lebih baik daripada pasien yang menjalani operasi di antara usia 2 hingga 4 tahun. Meski demikian, usia yang tepat untuk dilakukannya operasi tetap belum dibuktikan secara ilmiah.

Untuk menghindari bayi lahir dengan kondisi sumbing langit-langit, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat, terutama selama trimester pertama kehamilan. Bahkan, asam folat diperlukan sebelum seorang wanita menyadari kehamilannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

 

0 Komentar

Belum ada komentar