Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Selaput Dara Robek Bukan Karena Hubungan Intim

17 Aug 2018, 10:07 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok, saya mau tanya. Kalau kondisinya seorang perempuan selaput daranya sudah robek bukan karena berhubungan intim, apakah nanti saat pertama kali berhubungan intim akan tetap sulit saat penetrasi atau akan mudah? Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 

 

Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual.

Selaput dara yang sudah robek besar umumnya memang tidak dapat kembali pulih karena minimnya vaskularisasi atau perdarahan di daerah selaput tersebut. Apabila sobeknya hanya sedikit maka ada kemungkinan untuk kembali seperti semula. Saya tidak dapat menjawab pertanyaan ibu mengenai perdarahan di malam pertama karena saya tidak melihat seperti apa robekan selaput dara anak ibu, mungkin pertanyaan itu lebih tepat ibu tanyakan kepada dokter yang memeriksa anak ibu.

Namun bagaimanapun juga keperawanan tidak perlu dibuktikan dengan perdarahan di malam pertama. Hymen memiliki berbagai bentuk dan pada bentuk yang elastis mungkin saja hymen tidak robek dan mengalami perdarahan ketika melakukan hubungan intim. Sekian, semoga membantu

1 Komentar

  • Jon*****

    Maaf dok, inti dari pertanyaan tersebut adalah "apakah nanti saat pertama kali berhubungan intim akan tetap sulit saat penetrasi atau akan mudah?". Untuk jawaban yang diberikan saya rasa tidak tertuju kepada inti pertanyaan tersebut. Mohon untuk dijawab kembali, terimakasih.