Sukses

Jari Tangan yang Bergerak Sendiri

16 Aug 2018, 11:19 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok saya mau tanya ibu jari saya suka berkedut/bergerak sendiri dan membuat badan terasa tidak nyaman dan badan seperti kram jika tidak di pijat bisa mengakibatkan kejang,pertanyaan saya,apa penyebab dan bagaimana mengatasi nya supaya tidak terulang lagi,terima kasih sebelumnya dok.Wasalam

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang jari tangan yang bergerak sendiri melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami sepertinya berhubungan dengan kedutan atau disebut juga muscle twitching. 

Kedutan berhubungan aliran saraf yang dapat mempengaruhi sekumpulan otot sehingga membuat otot tersebut "berkedut" atau twitching. 

Kedutan biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini: 

Penyakit autoimmune (sistem imun tuubuh menyerang tubuh sendiri) seperti Isaac syndrome Pengaruh beberapa obat seperti kafein dan amfetamine Efek samping obat kortikosteroid, diuretik dan estrogen Olahraga Kekurangan elektrolit (mineral tubuh seperti natrium, kalium, magnesium) Stres dan kecemasan Kedutan yang menyerang otot-otot wajah (mata, pipi, bibir), betis, dan jari-jari tangan sering disebabkan oleh kelelahan fisik ataupun stres dan kecemasan. Biasanya keluhan ini akan hilang dalam beberapa hari. 

Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mengonsumsi makanan yang tinggi kalium seperti pisang, kacang, bayam, dan susu, istirahat yang cukup  (7 - 9 jam dalam sehari), rajin berolahraga, serta banyak minum air putih. Bila keadaan ini terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter spesialis saraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar jari tangan yang bergerak sendiri. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar