Sukses

Mengatasi Nyeri Kepala Akibat MIgrain

16 Aug 2018, 08:34 WIB
Pria, 19 tahun.

Permisi dok mau tanya kalo penyakit migran di alami secara terus menerus selama 5 hari dan tak pernah kunjung hilang. Bagaimana cara meringankan, bahkan menghilangkan rasa sakit tersebut.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Migrain adalah sakit kepala tipe berdenyut yang bisa terjadi di satu maupun kedua sisi kepala. Seseorang yang mengalami migrain biasaya juga memiliki gejala lain seperti mual, muntah, hingga sensitif terhadap suara atau cahaya.

Pemicu migrain bermancam-macam, yaitu hormonal (terkait siklus haid), emosi (stress, depresi, kecemasan, terkejut, terlalu senang, tegang), fisik (kelelahan, kurang tidur, jam kerja shift, postur tubu yang kurang baik, leher/otot bahu tegang, jet lag, kadar gula darah rendah, olahraga yang terlalu berat), makanan (makan yang tidak teratur atau terlambat, dehidrasi, konsumsi alkohol, zat aditif tiramin, minuman berkafein, coklat, jeruk, dan keju), lingkungan (cahaya yang silau, cahaya dari televisi/layar komputer, bau rokok, bising suara, perubahan kelembapan atau suhu udara, dan bau-bauan yang menyengat).

Jadi untuk mengatasinya, tentu harus mengenali apa pemicunya dan menghindarinya. Jika rasa nyeri tidak tertahankan, Anda bisa menggunakan antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi nyeri. Antinyeri ini paling efektif ketika migrain baru mulai muncul. Jika nyeri kepala sudah semakin memburuk, biasanya obat-obat ini tidak akan membantu.

Bila migrain sangat berat dan berlanjut terus sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter saraf.

Kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar