Sukses

Belum Haid Paska Melahirkan

15 Aug 2018, 08:48 WIB
Pria, 26 tahun.

Permisi dok,, saya mau nanya, tgl3 juni 2018 kmaren saya baru melahirkan anak ke 2, caesar, dan darah nifas saya berhenti sampai 45 hari, tepatnya tgl 25 juni kmaren. Sampai saat ini saya belum menstruasi kembali, dan saya juga blm ber Kb, saya asi ekslusif dok. Yg ingin saya tanyakan tgl 1 agustus kemarin saya brhubungan intim, ada kemungkinan hamil gk ya dok, saya khawatir krna anak saya baru usia 2 bln dan saya blm ber Kb krna saya blm dapat mens kembali setelah nifas,,, mohon jawabannya dok. Trims.

Terima kasih Anda telah mengajukan pertanyaan mengenai belum haid paska melahirkan melalui fitur tanya dokter. 

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kelahiran buah hati Anda. Belum kembalinya siklus menstruasi ketika sedang menyusui setelah melahirkan dapat merupakan hal yang wajar terjadi karena perubahan hormonal di tubuh ibu yang menyusui. Hormon prolaktin akan menekan estrogen dan menghambat terjadinya menstruasi pada ibu menyusui. 

Saat menyusui, hisapan bayi menyebabkan perubahan hormonal dimana hipothalamus mengeluarkan Gonadotrophin Releasing Hormone (GnRH) yang menekan pengeluaran Luteinizing Hormone (LH) dan menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Jadi, dapat dikatakan bahwa menyusui merupakan salah satu metode kontrasepsi alami yang sangat efektif  bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Ibu sama sekali belum pernah mendapat menstruasi sejak melahirkan

Bayi berusia < 6 bulan

Menyusui setiap 4 jam pada siang hari, dan setiap 6 jam pada malam hariMakanan tambahan hanya diberikan 5-10% dari totalAngka keberhasilan metoda ini dapat mencapai 98-99,5%. Kehamilan terjadi pada 2 per 100 wanita 6 bulan setelah melahirkan, dan 6 per 100 wanita 6-12 bulan setelah melahirkan. Anda tidak perlu merasa khawatir karena keadaan amenorea atau tidak mendapatkan menstruasi selama menyusui bervariasi setiap individu (antara 3 bulan-2 tahun), dan ini merupakan hal yang normal.  Siklus haid setelah melahirkan  dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Jika Anda memberikan ASI eksklusif kepada anak Anda(menyusui), maka Anda tidak perlu merasa khawatir karena kemungkinan penyebab belum kembalinya haid Anda adalah karena suatu proses yang normal sebagai hasil penerapan MAL(Metode Amenore Laktasi). Jika Anda khawatir akan terjadi kehamilan, segera konsultasi dengan dokter kandungan Anda terkait metode kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi Anda untuk mencegah kehamilan.

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar