Sukses

Hubungan Maag dengan Menggigil

15 Aug 2018, 08:48 WIB
Pria, 22 tahun.

Siang Dok saya mau nanya, ibu saya sakit maag tapi sudah parah gak bisa diatasi cuman dengan obat maag dari warung, setiap tengah malam, ibu saya selalu menggigil dan pinggangnya terasa panas katanya, apa itu termasuk gejala dari maag juga ya dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai hubungan maag dengan menggigil.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama-tama kami akan menjelasakan terlebih dahulu mengenai penyakit maag. Sakit maag atau gastritis berasal dari kata gaster yang artinya lambung dan itis yang berarti inflamasi/peradangan. Gastritis merupakan proses inflamasi yang terbatas pada lapisan mukosa dan submukosa dinding lambung. Peradangan pada lambung dapat diakibatkan oleh sistem perlindungan mukosa lambung yang tidak mampu lagi melindungi lambung akibat paparan berbagai zat yang merugikan secara terus-menerus. Salah satu penyebab maag adalah infeksi oleh suatu jenis bakteri (biasanya bakteri Helycobacter pylori).

Mengenai keluhan menggigil yang Ibu Anda alami harus diperjelas, apakah berupa keringat dingin? Keringat dingin biasanya bisa disebabkan beberapa keadaan seperti panik atau stress, mengalami infeksi, dan menahan rasa nyeri atau sakit. 

Diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan dokter spesialis penyakit dalam, untuk mengetahui kondisi Ibu Anda saat ini dan mendapatkan penanganan yang tepat. Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, endoskopi, periksa tinja, dan pencitraan (CT Scan atau rontgen) mungkin saja dilakukan, jika Anda mengalami penyakit maag berulang. 

Demikian, semoga bermanfaat.  

    0 Komentar

    Belum ada komentar