Sukses

Penyebab Benjolan Vagina

15 Aug 2018, 08:38 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya punya masalah di daerah selangkangan dekat vagina. Di daerah tersebut ada benjolan, menimbulkan rasa sakit seperti luka lecet, dan benjolan tersebut sebenarnya memiliki satu lobang kecil yg seringkali mengeluarkan darah. Warna darahnya spt warna darah jerawat yang pecah, terkadang warnanya orange sehingga terkesan tdk pekat. Yang anehnya benjolan2 tsb terkadang mengempis sendiri, namun akan ada lagi benjolan lain di tempat yg berbeda (tp msh di daerah selangkangan). Syukur jika sehari atau dua hari saya sempat merasakan sama sekali tidak ada benjolan. Saya menyadari benjolan pertama kali muncul ketika saya menggunakan salah satu jeans yg sangat ketat. Saat ini saya selalu berusaha menggunakan celana dalam longgar namun ternyata benjolan tersebut tidak hilang2. Kira2 apa yang harus saya lakukan dok utk menghilangkan benjolan ini, karena semakin hari darah yg dikeluarkan makin banyak dan rasa sakit menganggu saya saat harus bergerak dan menarik selangkangan.

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab benjolan vagina menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.

Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina

Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.

Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  

Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina. 

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar