Sukses

Penanganan Batuk dan Pilek

15 Aug 2018, 08:38 WIB
Wanita, 27 tahun.

Halo dok.. Sy ada keluhan sdh 3hari demam naik turun, kemudian sy ke IGD di RSUD dekat rumah saya. Setelah diperiksa analisa dokter disana menjelaskan amandel sy besar akan menyebabkan demam. Sy jelaskan juga keluhan lainnya yaitu batuk yg amat sakit sampai ke dada, pilek tp tdk bs dikeluarjab klu malam hari, kadang sampe mampet ketika mau tidur. Pusing berat bagianb kepala belakang. Tapi sy diberikan resep obat sbb ; Ranitidin 150mg (APBD) sebelum makan 2x Dexametason 0,5 mg sesudah makan 2x Paracetamol 500mg tab (APBD) 3x sesudah makan Cefadroxil 500 mg (APBD) 2x sesudah makan Kemudian yg sy tanyakan, kenapa tdk ada obat yg sesuai dgn gejala yg saya alami, obat batuk pilek dan pusing misalnya. Apakah ranitidine berfungsi sama? Mohon petunjuknya dok, apa tetap harus diminum obatnya atau bagaimana? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang penanganan batuk pilek menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pemberian obat tentunya harus didahului tanya jawab medis dan pemeriskaan fisik langsung. Tentunya tidak tepat bagi kami menilai pemberian obat tanpa melakukan pemeriksaan langsung pada diri Anda. Sebelumnya, Anda sudah diperiksa oleh dokter dan mendapatkan pengobatan sesuai hasil pemeriksaan tersebut. Ranitidin adalah obat untuk menekan gejala asam lambung seperti nyeri ulu gati, mual dan muntah. Cefadroxil adalah antibiotik untuk infeksi. Keadaan Anda bisa juga disebabkan karena peradangan dan infeksi pada saluran pernafasan karena itu diberikan antibiotik. Izinkan kami jelaskan tentang ISPA.

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influenza, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, pilek, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. Pada batuk pilek yang baru berlangsung beberapa hari seringkali disebabkan oleh virus, oleh sebab itu pengobatan utama adalah peningkatan daya tahan tubuh. Untuk obat batuk pilek yang dapat digunakan adalah obat-obatan dengan kandungan pseudoefedrin, gliseril guaiakolat, bromheksin, klorfeniramin maleat, dll.

Selain infeksi virus atau bakteri, batuk pilek juga bisa disebabkan oleh alergi. Dalam kondisi alergi dapat digunakan obat antihistamin (loratadin, ctm, cetirizine). 

Penyakit radang tenggorokan ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral  (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologisMengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.Untuk memberikan kenyamanan area tenggorokan dan mempercepat penyembuhan, dapat dibantu dengan menghisap-hisap tablet antiseptik yang dijual bebas. Sekali lagi, tablet hisap ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.Bila batuk pilek anda telah berlangsung selama lebih dari 1 minggu, maka kemungkinan besar telah ada infeksi bakteri dan anda membutuhkan antibiotik. Kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan antibiotik yang sesuai dengan Anda.

Berikut beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Pancaroba, Waspadai ISPA Dan GastrointritisEnyahkan ISPA dengan Terapi Garam4 Cara Alami Atasi PilekDemikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar