Sukses

Perawatan Luka Paska Jahitan

15 Aug 2018, 08:04 WIB
Wanita, 20 tahun.

Siang dok, tgl 27 juli (tepatnya seminggu lalu) saya jatuh dan ujung sikut tgn kanan saya robek. Alhasil dijahit 5 jahitan. Lalu, 3 hri kmudian sy kontrol ke dokter dan hari ini saya lepas jahitan sesuai kata dokter. Skrg kondisi luka saya telah kering, namun ada 1 jahitan blum gitu rapat dan sedikit berdarah. Kata dokter yg melepas jahitan sy, itu tdk knapa-napa. Dan sy diperbolehkan menekuk tgn saya dan saat mandi lukanya boleh kena air. Trs juga sya ga dikasih obat apa pun. Skrg lukanya ditutup kapas, krena berdarah. Nnti sore kapasnya udah boleh dilepas dan tidak usah dipakai apa2 lagi (kata dokter yg lepas jahitan). Nah, sy agak ragu dgn perkataan dokter tersebut tnpa merawat luka pasca jahitan. Jadi, sy ingin meminta masukan dari dokter disini untuk perawatan luka jahitan saya. Krena saya khawatir bisa radang atau robek lagi. Terima kasih dok

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai perawatan luka paksa jahitan melalui fitur tanya dokter. 

 

Luka bekas jahitan memang perlu dirawat dengan baik. Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka  agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka bekas jahitan. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka .

Kemungkinan utama penyebab luka yang terlihat basah yang Anda alami adalah infeksi. Bekas luka yang basah menandakan telah terjadi infeksi luka. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Namun, hal ini tentunya harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar