Sukses

Tentang Hb dan Kenaikannya

15 Aug 2018, 06:09 WIB
Pria, 22 tahun.

dok, apa penyebab hb ibu melahirkan naik setelah operasi? jika sebelumnya hb nya 10, tetapi setelah melahirkan hb menjadi 11

Terima kasih telah bertanya seputar Hb dan kenaikannya menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai anemia. Anemia adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada dibawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari  paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.

Anemia yang terjadi saat kehamilan tanpa disertai perdarahan atau riwayat anemia sebelumnya, lebih disebabkan karena kurangnya asupan yang bertujuan untuk pembentukan sel darah merah (zat besi, vit B12, asam folat). Keadaan ini masih terbilang normal saat hamil karena kebutuhan zat besi pada tubuh wanita yang sedang hamil terus-menerus meningkat sesuai dengan usia kehamilan dan meningkatnya jumlah pembentukan sel darah merah ibu sebanyak 25%.

Kadar hemoglobin yang menunjukkan anemia saat hamil adalah apabila <11gr/dL pada trimester I dan III, serta < 10.5 gr/dL pada trimester II. Apabila anemia yang dialami berat, maka aliran oksigen ke janin dapat terganggu sehingga dapat mengganggu pertumbuhan janin, air ketuban berkurang dan bahkan hingga kematian janin. Ibu yang mengalami anemia juga berisiko untuk mengalami persalinan preterm (sebelum waktunya), persalinan tidak maju serta risiko perdarahan saat melahirkan. 

 

Kadar hemoglobin (Hb) untuk setiap negara bahkan untuk setiap laboratorium sering terdapat perbedaan. Kadar 12-16 g/dl untuk perempuan dewasa merupakan kadar yang paling umum digunakan di Indonesia. Kadar hemoglobin dapat meningkat pada beberapa kejadian, yaitu:

1.     Orang yang tinggal di daerah 2 km lebih tinggi dari permukaan laut memiliki Hb lebih tinggi dari pada orang yang tinggal di daerah yang setinggi permukaan laut. Walaupun hal ini  juga bervariasi untuk tiap individu

2.     Kerja fisik yang berat

3.     Perubahan posisi dapat menyebabkan kada Hb meningkat sementara. Misal, pada posisi berdiri, kadar Hb lebih tinggi dari pada berbaring

4.     Variasi kadar hemoglobin harian juga terjadi, peneliti mengatakan bahwa pada pagi hari seseorang memiliki kadar Hb tertinggi dan pada sore hari memiliki kadar Hb terendah.

Adapun kadar hemoglobin yang lebih tinggi dari rujukan disebut polisitemia. Polisitemia vera merupakan kadar Hb yang tinggi yang diketahui penyebabnya. Sedangkan Polisitemia sekunder dapat disebabkan oleh penyakit jantung bawaan, peyakit paru, tumor hati. Polisitemia relaitf terjadi pada mereka yang mengalami luka bakar. Untuk setiap penyebabnya, penanganannya berbeda-beda.

Hemoglobin adalah protein berpigmen dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Laju endap darah adalah kecepatan sel darah merah untuk mengendap dalam tabung laboratorium, digunakan untuk menilai adanya proses radang dalam tubuh. Leukosit adalah sel darah putih dalam tubuh. Masing-masing merupakan komponen yang perlu dinilai dalam pemeriksaan darah lengkap.

Istri Anda dapat mencegah anemia akibat kekurangan zat besi dan vitamin dengan konsumsi makanan sehat yang kaya akan zat besi, asam folat dan vitamin B-12. Makanan sumber zat gizi tersebut antara lain adalah:

Zat besi         : daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah yang dikeringkan, dan biji-bijian.

Asam folat     : buah dan jus sitrus, sayuran hijau.

Vitamin B-12 : daging

Konsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi sangat dibutuhkan terutama pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan, ibu hamil, dan masa haid.  Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Demikian informasi seputar Hb dan kenaikannya yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar