Sukses

Penyebab Tubuh Bengkak dan Bercak Merah di Kaki

15 Aug 2018, 01:32 WIB
Wanita, 32 tahun.

Mau tanya dong dok? Anak saya umur 11thn udh 2 minggu sakit awalnya kluar bercak2 merah d kedua kakinya trus sekarang ngeluh sakit ulu hati dan itu sudah saya periksa k dokter katanya maag dan sekarang badan anak saya malah bengkak2... Itu knpa ya dok? Mohon djawab 🙏 terima kasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai kaki bengkak dan bercak merah melalui fitur tanya dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sayang sekali, Anda belum memberikan informasi yang mencukupi bagi kami. Perlu diketahui: Apakah ada riwayat trauma/terbentur sebelumnya? Apakah ada tergigit binatang/serangga? Seberapa besarkah bengkaknya? Apakah ada luka sebelumnya?

Bercak merah atau biru lebam atau memar di kulit tubuh terkadang dapat ditemukan tanpa diketahui penyebabnya. Memar ini bisa jadi merupakan varian normal individu yang pada akhirnya dapat menghilang dengan sendirinya. dalam dunia medis, memar yang timbul tanpa sebab ini lebih dikenal sebagai purpura simpleks yang sebenarnya merupakan penggumpalan darah di jaringan bawah kulit akibat pecahnya dinding pembuluh darah. Memar akibat purpra simpleks dapat terjadi akibat trauma/benturan fisik, stres, kelelahan, alergi, dan terkait faktor usia.

Memar ini umumnya lebih sering ditemukan pada wanita, dengan/tanpa riwayat keluhan serupa pada salah satu anggota keluarga dengan, berlokasi di daerah tungkai atau lengan, tidak nyeri, dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Memar akibat purpura simpleks tidak berbahaya, tidak terkait oleh kondisi medis tertentu, akan menghilang secara spontan, namun dapat timbul kembali, dan terkadang bersamaan dengan siklus menstruasi. Akan tetapi, timbulnya memar pada kulit tubuh sebaiknya tidak dianggap remeh karena juga dapat merupakan suatu pertanda kondisi medis yang lebih serius, seperti kelainan darah hemofilia.

Darah yang keluar dari pembuluh darah yang pecah, dan berkumpul dibawah kulit, normalnya dapat diserap kembali oleh tubuh, namun tentunya memang membutuhkan waktu yang lama. Sementara ini yang dapat Anda lakukan adalah berisitirahat, tidur dengan posisi kaki lebih tinggi (diganjal bantal), kompres hangat, dan memberikan salep yang bersifat meredakan memar (bisa didapatkan di antibiotik tanpa resep dokter)

Bengkak di tubuh bisa bermacam-macam sebabnya, mulai dari trauma (terbentur), terkena infeksi, kanker atau tumor, tergigit binatang, dan lain-lain.

Bengkak yang diakibatkan karena infeksi bakteri kemungkinan yang dialami anak Anda adalah selulitis. Selulitis merupakan infeksi pada lapisan kulit yang lebih dalam akibat bakteri streptokokus atau stafilokokus atau bakteri lainnya. Dalam kondisi normal kulit memiliki berbagai jenis bakteri, namun kondisi kulit yang utuh menjadi penghalang yang efektif untuk mencegah masuknya bakteri dam pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Bila kulit robek, bakteri dapat masuk dan berkembangbiak sehingga menimbulkan infeksi dan peradangan.

Faktor resiko terjadinya selulitis:

Luka di kulit

Gigitan dan sengatan serangga, gigitan hewan, atau gigitan manusia

Riwayat diabetes dan penyakit pembuluh darah perifer

Pemakaian obat imunosupresan atau kortikosteroid

Setelah melakukan prosedur paru-paru, jantung, atau gigi

Pengobatannya dapat dengan antibiotik. Dan bila selulitis menyerang tungkai, sebaiknya tungkai dibiarkan dalam posisi terangkat dan dikompres dingin untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.

Namun tentunya, masih terdapat kemungkinan penyebab lain. Untuk memastikannya Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis anak terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar