Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Oral Seks dan Sariawan

15 Aug 2018, 01:23 WIB
Wanita, 27 tahun.

Halo dok , Saya ingin menanyakan hal yg harus dilakukan dlm menjaga kesehatan mulut jika pernah melakukan oral seks dalam keadaan mulut bersariawan besar sekali ... Apakah tanda2 jika seseorang terkena penyakit akibat oral seks? Terima kasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar oral sex menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Oral seks tidak dianjurkan karena beberapa hal.  Saliva (cairan ludah pada mulut) merupakan media yang cukup ideal untuk perkembangan bakteri dan virus. Jika kita sudah bicara bakteri dan virus, berarti kita sudah bicara berbagai kemungkinan penyakit menular seksual yang berpotensi dapat ditimbulkan. Oleh karena itu, kebersihan oral dan kelamin merupakan status penentu dalam aman atau tidaknya aktivitas oral seks. Bahkan apabila pasangan menderita infeksi HPV, maka hubungan oral akan menyebabkan peningkatan risiko kejaidan kanker tenggorokan. (Baca: Sehatkah Oral Seks )

Gejala sering serawan saja belum mengarah kepada kanker mulut. Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan dan tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik atau keturunan dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral. Mengingat luka, kelainan atau keadaan seperti sariawan  dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya  berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpPM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel yang sekiranya bermanfaat:

Berbagai Kegunaan Senam Kegel.

6 Gejala Penis Anda Bermasalah

Sehatkah Oral Seks

Demikian informasi seputar oral sex yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar