Sukses

Vagina Gatal dan Benjolan Vagina
15 Aug 2018, 01:16 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo Dok, jadi saya mengalami masalah kulit, khususnya di bagian vulva. Gejalanya begini: sekitar 2 atau 3 minggu lalu, saya terbangun malam2 karena gatal di daerah vulva, lantas saya menggaruknya dalam kondisi mengantuk. Beberapa hari kemudian, saya sadar bahwa ada benjol kecil muncul di daerah tersebut, dan masih gatal. Benjolan ini selalu mengeluarkan cairan bening (sedikiiiiiit kecokelatan). Ketika saya mengecek kondisi vulva, benjolan ini seperti membentuk setengah lingkaran atau ringworm. Sekarang, saat saya mengetik ini, cairan pada benjolan sudah berkurang/agak mengering. Tetapi bentuk benjolan belum berubah. Sebelum itu, saya juga sempat mendapat ruam di daerah lutut kiri sejak bulan april/mei, yang tidak hilang sampai sekarang, dan sudah berwarna kecokelatan.

Terima kasih telah bertanya mengenai vagina gatal dan benjolan vagina melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh infeksi, terutama infeksi jamur, ataupun iritasi, paling sering karena terlalu banyak penggunaan sabun. Pada infeksi jamur, gejala yang dialami dapat berupa keluar gumpalan-gumpalan putih susu kental, konsistensi seperti tepung, yang dirasakan sangat gatal, dan bisa terjadi kemerahan di kulit sekitar bibir kemaluan. Pada iritasi karena sabun, dapat timbul kemerahan, gatal, sampai kadang dapat terasa perih.

Berikut saran yang dapat kami berikan untuk menjaga kebersihan vagina :

  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vaginaLipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kulit kelamin untuk tatalaksana selanjutnya. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai vagina gatal dan benjolan vagina. Semoga bermanfaat.

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar